Ada Ruang Belajar Online yang Guru Wajib Tahu

Saya Ingin Dukung Konten Kreator Dirman Personal Blog

Tak hanya sekedar iseng menulis, sebenarnya ada maksud tersembunyi yang ingin disampaikan oleh Dirman Personal Blog pada artikel ini, khususnya bagi semua yang biasa kita anggap sebagai seorang Guru, termasuk Anda yang membaca artikel ini. Yuk… teruskan membaca tulisan tentang “Ada Ruang Belajar Online”, sampai selesai.

Ada Ruang Belajar Online yang Guru Wajib Tahu
Ruang Belajar Online – Semua Guru Wajib Tahu

Mengapa kang Dirman ingin berbagi tentang ini?

Sebelum melanjutkan membaca, perlu kang Dirman garis bawahi bahwa yang dimaksud dengan Guru tidak melulu sebagai seorang tenaga didik profesional seperti guru di sekolah, dosen universitas, ustadz pembimbing pengajian dan profesi sejenis lainnya.

Guru, bisa jadi adalah Anda sebagai Orangtua, seorang kakak, sahabat baik, maupun sebagai anak tertua dalam sebuah ikatan keluarga besar. Jadi, pada intinya kita semua memiliki tugas yang sama dalam hal berbuat baik khususnya memberikan informasi bermanfaat kepada seseorang atau sekelompok orang yang kebetulan belum mengetahui tentang sesuatu hal.

Dan ini bukan hanya sekadar tentang mengajari, namun juga terkait dengan apa yang kita ketahui sebagai sesuatu yang baik, akan lebih menjadi manfaat jika kita mampu memberikannya kepada keluarga maupun orang lain di sekitar kita.

Ilustrasi suasana saat belajar bersama masyarakat
Ilustrasi suasana saat belajar bersama masyarakat

Walaupun demikian, kang Dirman dan mungkin sebagian yang lain juga menyadari bahwa saat ini untuk menemukan momen melakukan hal tersebut di atas memang tidak mudah! ada batasan-batasan tertentu sehingga perilaku saling berbagi ilmu menggunakan cara konvensional agak sedikit sulit menemukan cara dan waktu yang pas.

Ada yang sibuknya luar biasa sehingga terkadang tak sempat ber-sosialisasi atau mungkin ada juga yang merasa malu, bahkan merasa tidak memiliki kapasitas untuk itu. Hadirnya ruangbelajar merupakan sebuah solusi untuk itu.

kang Dirman sendiri sebenarnya sering merasa kurang percaya diri jika menemukan sesuatu yang kemudian ingin membagikan kepada orang lain. Hal ini mungkin disebabkan karena lingkungan kang Dirman sendiri sebenarnya sudah banyak orang yang lebih pintar bahkan ahli di bidangnya masing-masing.

Namun seperti yang sering disampaikan dalam sebuah grup whatsapp, bahwa “kebaikan jangan sampai berhenti di Anda!“, benar seperti itu, ya? 🙂 Nah, atas salah satu dasar pemikiran itulah, kang Dirman ingin mencoba berbagi tentang sesuatu yang bermanfaat ini dengan cara menuliskannya di blog.

Manfaat jika Anda menggunakan Ruang Belajar Online ini

Awalnya kang Dirman mulai sering menemukan beberapa warga sekitar yang terkena salah satu dampak negatif dari mudahnya mendapatkan informasi melalui sarana digital berbasis teknologi, seperti smartphone. Terutama terkait berita palsu (hoaks/hoax) hingga kondisi berbahaya yang telah mampu menjadikan mereka sebagai korban sehingga mengalami kerugian secara materi maupun non-material.

Sebut saja beberapa contoh kasus yang sering terjadi seperti Soceng, Phising, Scaming dan masih banyak tindakan penipuan dengan rekayasa sosial lain yang belakangan ini populer dengan istilah teknis: Social Engineering Hacking Methods. Semoga saja hal ini belum pernah terjadi pada Anda maupun keluarga, ya!

Adapun beberapa manfaat yang kang Dirman rasakan setelah menggunakan Ruang Belajar Online ini adalah sebagai berikut ini:

1. Terus terupdate dengan informasi terbaru terkait apa itu hoaks dan bagaimana cara menangkalnya

Kebetulan saja kang Dirman mencoba layanan video pembelajaran online terlengkap yang disediakan di ruangbelajar oleh ruangguru. Fiturnya sangat menarik dan mudah untuk dijadikan sebagai sarana ruang belajar online dengan waktu yang tak terbatas, di manapun! Bebera fitur menarik tersebut, antara lain:

Salah satu video edukasi tentang Literasi Digital di Ruangguru
Salah satu video edukasi tentang Literasi Digital di Ruangguru
  • Video disajikan dalam konsep mini drama situasi yang didukung oleh pemain yang cukup familiar. Sehingga video menjadi lebih menarik untuk kita tonton sebagai bahan pembelajaran online.
  • Bahasa yang digunakan tak sepenuhnya tentang teknis, melainkan bahasa keseharian yang akan lebih mudah diserap serta dimengerti dengan cepat.
  • Tersedia berbagai panduan lengkap, termasuk penjelasan oleh ahli sesuai bidang pengetahuan yang disampaikan.

2. Bisa menjadi sarana berbagi bersama untuk orang lain

Ini yang paling kang Dirman sukai dari ruangbelajar online. Selain mudah dimengerti karena pembelajaran atau pengetahuan disajikan dalam bentuk video interaktif, materinya juga bisa dijadikan sebagai sarana kebaikan untuk berbagi ilmu atau bahkan saat ingin melakukan sosialisasi tentang literasi digital kepada orang lain.

Dengan ilmu, siapapun bisa mampu memberikan sesuatu!

Setuju? jika iya, maka silakan segera melengkapi diri bersama ruangbelajar online yang dipersembahkan oleh ruangguru sekarang juga. Aplikasi ruangbelajar dari ruangguru sudah tersedia pada App Store dan juga Google Play Store. Yuk.. unduh sekarang…!!

Semoga artikel tentang Ada Ruang Belajar Online yang Guru Wajib Tahu ini bisa menjadi manfaat. Terima kasih telah bersedia membaca.

Unduh Aplikasi ruangbelajar Online Sekarang
Unduh Aplikasi ruangbelajar Online Sekarang

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 21

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *