8 Games Esports Terpopuler di Dunia yang Wajib Kamu Coba!

Teruntuk kamu penggemar game sejati, pastinya sudah tidak asing dengan event Esports. Esports sendiri kependekan dari Electronic Sports, merupakan sebuah ajang kompetisi yang menggunakan video games. Nah, berikut merupakan 8 Games Esports Terpopuler di Dunia yang Wajib Kamu Coba!.

8 Games Esports Terpopuler di Dunia yang Wajib Kamu Coba! - Ilustrasi Esport (Esport.net)
8 Games Esports Terpopuler di Dunia yang Wajib Kamu Coba! – Ilustrasi Esport (Esport.net)

Seiring berkembangnya zaman, sebuah turnamen video games bukanlah hal yang asing lagi. Umumnya, turnamen Esports sendiri diselenggarakan dalam berbagai tingkat. Mulai dari tingkat universitas, daerah, nasional, region beberapa negara, sampai tingkat internasional.

Dalam kancah dunia esports sendiri, biasanya menawarkan beberapa divisi video games yang bisa diikuti. Namun, hanya beberapa divisi video games yang paling populer dan masuk dalam peringkat Esports Earnings.

Berikut 8 games Esports yang populer dan bisa bikin kamu masuk Esports. Simak penjelasan selengkapnya yang telah kita rangkum dari Indozone!

1. Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG)

8 Games Esports Terpopuler di Dunia yang Wajib Kamu Coba! - Ilustrasi Player Unknown's Battlegrounds
Ilustrasi Player Unknown’s Battlegrounds

Siapa yang tidak tahu game online bergenre battle royale yang satu ini? Ya, apalagi kalau bukan Player Unknown’s Battlegrounds atau disingkat PUBG. Game bertajuk survival dan eliminasi ini sangat populer di dunia, baik versi pc maupun versi mobilenya. Ajang Esport pubg sendiri bernama PUBG Global Championship, yang diikuti oleh berbagai tim dari seluruh dunia.

Player PUBG dapat bermain solo, duo, atau dengan tim berisi empat player dan dengan pilihan berbagai map. Para player di game ini memiliki misi untuk bertahan hidup dan menyingkirkan player lain sampai tersisa satu player atau satu tim.

2. Dota 2

Ilustrasi Dota 2 (dota.com)
Ilustrasi Dota 2 (dota.com)

Dota 2 adalah video game online bergenre MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve Corporation. Tidak hanya digemari oleh orang-orang di dunia, game online ini pun digemari oleh masyarakat Indonesia.

The International, atau biasa disebut sebagai TI11, adalah sebuah kompetisi Dota 2 dalam kancah internasional. Ajang ini diikuti oleh berbagai tim Esport papan atas dari seluruh dunia. Dalam satu pertandingan Dota 2 berisikan dua tim yang masing-masing berisi 5 pemain.

Tim yang berada di sudut bawah kiri disebut dengan Radiant. Sedangkan, tim yang berada di bawah kanan disebut Dire. Kedua tim saling beradu skill demi mempertahankan markas atau menyerang markas musuh yang disebut sebagai Ancient.

3. Counter-Strike: Global Offensive

Ilustrasi Counter-Strike Global Offensive (store.steampowered.com)
Ilustrasi Counter-Strike Global Offensive (store.steampowered.com)

Satu lagi game online terkenal besutan Valve Corporation, apalagi kalau bukan Counter-Strike: Global Offensive atau biasa disingkat CS:GO. CS:GO adalah game bergenre first-person shooter yang dimainkan oleh jutaan pemain di seluruh dunia semenjak dikembangkan pertama kali pada tahun 1999.

Untuk ajang internasionalnya sendiri, komunitas CS:GO memiliki CS:GO Major Championships yang diikuti oleh beberapa tim esports terkenal di dunia. Beberapa dari tim itu adalah FaZe Clan, Natus Vincere, Team Liquid, G2, Cloud9 dan masih banyak lagi.

4. Mobile Legends: Bang Bang

Ilustrasi Mobile Legends Bang Bang (gamerbraves.com)
Ilustrasi Mobile Legends Bang Bang (gamerbraves.com)

Ini dia game MOBA mobile paling terkenal di Indonesia, yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Di Indonesia sendiri, game ini sangat diminati banyak orang, mulai dari remaja sampai orang dewasa.

Di Indonesia sendiri, banyak turnamen untuk game ini, tapi yang paling terkenal adalah Mobile Legends Professional league ID. Dalam kancah internasional, kompetisi Mobile Legends paling bergengsi adalah Mobile Legends: Bang Bang World Championship.

Mobile Legends merupakan game online bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang mengandalkan skill dan strategi dari tiap tim dan dimainkan oleh 5-10 orang dalam 1 kali permainan.

5. Valorant

Ilustrasi Valorant (givemesport.com)
Ilustrasi Valorant (givemesport.com)

Valorant adalah game online bergenre fps yang baru dirilis pada 2020 lalu. Di Indonesia sendiri, game ini sudah mulai banyak diminati oleh banyak orang. Salah satu pemain Valorant terbaik di dunia berasal dari Indonesia, yaitu Jason “f0rsakeN” Susanto yang bermain di tim Paper Rex.

Tiap tahunnya, Riot Games, selaku developer Valorant, mengadakan serangkaian kompetisi Valorant berjudul Valorant Champions Tour. Akhir dari serangkaian kompetisi Valorant pada tahun ini telah diadakan di Istanbul, Turki.

6. Fortnite

Ilustrasi Fortnite (epicgames.com)
Ilustrasi Fortnite (epicgames.com)

Adalagi game online bergenre battle royale yang sudah memiliki jutaan player di dunia, ini dia Fortnite.
Fortnite sendiri memiliki ajang esport internasional bernama Fornite World Cup yang banyak dinantikan oleh para player dari seluruh dunia. Kompetisi fornite tahun lalu dimenangkan oleh Sen Bugha yang berasal dari Amerika Serikat.

Hampir sama seperti PUBG, game online ini dimainkan dalam sebuah map yang luas berisi 100 player dan memiliki misi untuk mengeliminasi player-player lain.

7. Rocket League

Ilustrasi Rocket League (rocketleague.com)
Ilustrasi Rocket League (rocketleague.com)

Game yang dirilis pada tahun 2015 ini menggabungkan konsep radio kontrol dengan sepak bola. Konsep yang bisa dibilang unik ini berhasil mendapatkan perhatian para gamer. Selain menyenangkan, Rocket League sangat kompetitif.

Tiap tahunnya, komunitas Rocket League mengadakan turnamen internasional bernama The Rocket League Championship Series.

8. League of Legends

IlustrasiLeague of Legends (leagueoflegends.com)
IlustrasiLeague of Legends (leagueoflegends.com)

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan League of Legends. Game MOBA yang satu ini bisa dibilang saingan dari Dota 2 dan memiliki komunitas yang sama besarnya.

League of Legends adalah game PC bergenre MOBA yang mana dimainkan oleh 2 tim dalam satu pertandingan. Kedua tim itu akan berusaha untuk saling menghancurkan Nexus yang berada pada markas masing-masing tim.

Para player dari seluruh dunia akan beradu skill dan strategi pada ajang turnamen League of Legends yang dinamakan League of Legends World Championship.

8 Games Esports Terpopuler di Dunia. Mana Game Favorit Kamu?

Itu dia beberapa game Esports terpopuler di dunia yang wajib kamu coba mainkan.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *