Ngobrol BarengBerbagi bersama yang lain di Grup DIRMANTO.web.id.

7 Manfaat Memelihara Kelinci di Rumah

7 Manfaat Memelihara Kelinci di Rumah — Memiliki hewan peliharaan kelinci, bagi kebanyakan orang tentunya merupakan suatu keseruan sendiri, selain hewan yang lucu, memelihara kelinci juga tidak begitu sulit atau ribet jika dibandingkan dengan memelihara hewan selain kelinci. Apalagi jika kita memiliki halaman atau kebun yang lumayan luas untuk dijadikan tempat kelinci berlari kesana-kemari dengan lincah dan bebas.

Pengalaman ini mungkin tidak relevan jika untuk memelihara kelinci di kandang yang tersimpan didalam ruangan (rumah). Bahkan, disarankan kelinci dipelihara dengan ditempatkan seperti layaknya hidup di alam bebas, bukan terkurung dalam sebuah kandang saja, kecuali kebutuhan bermanfaat lain, seperti ternak.

7 Manfaat Memelihara Kelinci di Rumah
Perkenalkan, Saya Chiqo πŸ™‚

Artikel manfaat memelihara kelinci ini merupakan pengalaman pribadi, bukan hasil penelitian atau saran profesional, sehingga setiap individu, mungkin akan memiliki pengalaman yang berbeda. Berikut adalahΒ 7 Manfaat Memelihara Kelinci di Rumah:

  1. Bisa menjadi hiburan tersendiri
    Dengan melihat atau sambil memberi makan kelinci peliharaan sendiri, merupakan pengalaman menyenangkan, selain menjadi hiburan, juga bisa digunakan untuk aktifitas melepas penat di sore hari, setelah seharian bekerja
  2. Melatih disiplin
    Setelah satu minggu memelihara kelinci, memberi makan setiap pagi, siang dan sore. Kelinci peliharaan kami menjadi terbiasa, sehingga setiap waktu tersebut, kelinci kami seperti sudah mengerti waktunya makan, sehingga kami sebagai pemilik kelinci perlu menjadi disipin agar tidak melewatkan waktu tersebut :).
  3. Membantu membersihkan rumput πŸ™‚
    Bagi yang memiliki halaman belakang rumah yang berumput, memelihara kelinci bisa menjadi solusi sederhana, karena kelinci suka makan rumput, maka paling tidak, rumput liar dihalaman tidak akan terlalu sering tumbuh πŸ™‚
  4. Teman bermain anak
    Selain menjadikan tidak perlu keluar rumah untuk melihat kelinci, bagi anak-anak juga dapat menjadi ajang belajar mengenal salah satu hewan yang lucu ini πŸ™‚
  5. Ikutan jadi sering makan sayuran
    Selain rumput, sayuran lain seperti wortel, brokoli, kangkung merupakan makanan yang disukai kelinci, bagi kami, mau tidak-mau, jadi suka juga makan sayur, karena setiap hari pasti membeli sayuran segar πŸ™‚
  6. Belajar menyayangi binatang
    Dengan mencoba memelihara kelinci, paling tidak kita dapat belajar salah satu sifat baik, yakni menyayangi binatang, bisa kita sendiri maupun anak-anak atau lingkungan sekitar kita.
  7. Menambah pengetahuan
    Kami menjadi agak sering mencari informasi tentang bagaimana cara memelihara kelinci yang baik, apa saja makanan yang disukai, bagaimana jika kelinci sakit, apa ciri perilaku khusus kelinci untuk keadaan kondisi alam tertentu, dan masih banyak yang akhirnya kami tahu setelah memelihara kelinci.

Kelinci Lokal adalah kelinci jawa (Lepus nigricollis), habitatnya berada di hutan-hutan berbatu/karang sekitar wilayah Jawa Barat. Kelinci ini juga terdapat di India. Habitat kelinci jawa adalah dataran tinggi berbatu. Berat kelinci jawa dewasa bisa mencapai 6 kg. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan. Kelinci Jawa dapat hidup 5 sampai 10 Tahun, Kelinci jenis ini dalam setahun bisa 7 kali bunting, dengan jumlah anak rata-rata 6 hingga 8 ekor, oleh wikipedia indonesia.

7 Manfaat Memelihara Kelinci di Rumah, jenis kelinci yang kami pelihara saat ini adalah kelinci lokal, sebelumnya pernah membeli kelinci jenis hias (tipe anggora), namun ternyata tidak terlalu kuat/tahan kondisi perubahan alam tertentu. Sehingga kami saat ini memutuskan jika akan menambah kelinci peliharaan, kami akan membeli kelinci jenis lokal saja.

Semoga menjadi manfaat.

Saran / Kritik / Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.