fbpx
Lapak Online Dirman Personal Blog
Whatsapp Live ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB.

7 Kerja Freelance Digital untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

7 Kerja Freelance Digital untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan. Di saat pandemi seperti sekarang, banyak bisnis dan juga usaha yang terkena dampaknya. Keadaan ekonomi memburuk bagi banyak orang. Berikut adalah informasi peluang kerja digital paruh waktu untuk anda.

7 Kerja Freelance Digital untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan
Kerja Freelance Untuk Penghasilan Tambahan

Tak sedikit yang kehilangan pekerjaan; banyak juga yang penghasilan bulanannya dikurangi karena tempat mereka bekerja terkena dampak ekonominya. Hal ini mengakibatkan banyak orang berusaha mencari pekerjaan lain atau pekerjaan tambahan untuk menutupi dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan kerja freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kerja freelance atau kerja lepas juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan penuh, atau pekerjaan sampingan.

KESEMPATAN KERJA DUNIA DIGITAL

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Mulai dari pelayan restoran, penjaga toko, atau berbisnis sendiri selepas menyelesaikan pekerjaan harian. Pekerjaan freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan juga bisa didapatkan dari dunia digital.

Kini ada banyak orang yang memanfaat dunia digital untuk melakukan pekerjaan freelance. Karena ternyata memang ada cukup banyak pilihan pekerjaan freelance yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan dari dunia digital.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa pekerjaan freelance digital yang bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Bisnis Dropship

Kerja Freelance Sebagai Dropshipper
Kerja Freelance Sebagai Dropshipper

Bisnis Dropship adalah salah satu pekerjaan freelance terbaik yang bisa dilakukan. Jenis pekerjaan ini memungkinkan kita menjual barang langsung ke pelanggan tanpa mengharuskan kita membeli sebuah inventori.

Kita juga tidak memerlukan biaya yang besar seperti memulai usaha baru, menjadikan bisnis ini lebih minim risiko. Para produsen tidak hanya memiliki inventory sendiri, tapi juga mengirimkannya langsung ke pelanggan untukmu.

Hal mudah paling utama yang dapat dilakukan dalam bisnis dropshipping adalah memasarkan dan menjadi customer service yang merupakan bagian penting dalam usaha. Mulai pelajari berbagai hal tentang dropshipping untuk pekerjaan freelance Anda.

2. Freelance Menulis

Kerja Freelance Sebagai Penulis Konten
Kerja Freelance Sebagai Penulis Konten

Pekerjaan freelance lain yang bisa dilakukan adalah menjadi penulis lepas. Di era seperti sekarang, ada banyak perusahaan yang membutuhkan konten di dalam situsnya. Dan siapa lagi yang akan konten tersebut jika bukan seorang penulis.

Ada banyak perusahaan yang mencari penulis freelance untuk mengisi kontennya. Jika kita memiliki waktu luang yang ingin diisi dan memang kita senang juga memiliki kemampuan untuk menulis, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas.

Kita bisa mencari usaha yang membutuhkan tenaga penulis untuk mengisi halaman website atau blog mereka.

3. Affiliate Marketing

Kerja Freelance Sebagai Affiliate Marketing
Kerja Freelance Sebagai Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah salah satu ide yang bisa dilakukan ketika pandemi. Pekerjaan freelance ini tidak hanya soal mencari produk yang tepat untuk dijual, tapi juga memilih merek atau brand yang cocok untuk dijadikan partner.

Jika kita memilih untuk menjadi seorang marketer affiliate untuk toko ecommerce, maka komisi yang kita dapatkan akan lebih sedikit dibandingkan dengan melakukan dropship sendiri.

Tapi, ada banyak perusahaan teknologi yang akan membayar tinggi bagi para affiliate yang membawa pelanggan untuk mereka.

4. Menulis Blog

Kerja Freelance Sebagai Penulis Blog
Kerja Freelance Sebagai Penulis Blog

Jika kita merasa mencari usaha atau perusahaan yang membutuhkan penulis sangat sulit, maka kita bisa membuat website atau yang paling sederhana: blog.

Dengan begitu, kita bisa mendapatkan menulis sendiri sesuai dengan apa yang kita kuasai atau sukai. Blogger sudah menjadi profesi sejak awal tahun 2000-an dan tampaknya tidak pernah mati, bahkan terus berkembang.

Inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat mencari penghasilan tambahan. Kita hanya perlu mencari sebuah hal, ide, atau niche yang memang menjual dan banyak dicari orang.

5. Menjadi Ilnfluencer Instagram

Influencer Instagram
Kerja Freelance Sebagai Influencers Instagram Bisnis

Menjadi influencer kini semakin banyak digemari orang. Terutama anak muda. Karenanya, jangan sampai tidak memanfaatkan ini. Jika kita memiliki followers yang cukup banyak, kita bisa menjadi seorang influencer.

Saat ini, influencer Instagram juga bisa dijadikan pekerjaan freelance, untuk mereka yang memang memiliki followers di atas 7000. Biasanya, mereka dicari para pengusaha dan brand untuk mempromosikan barang mereka. Keuntungannya berbeda-beda. Mulai dari endorse, hingga bayar per posting.

6. Asisten Virtual

Virtual Assistance
Kerja Freelance Menjadi Asisten Virtual

Kebutuhan akan asisten virtual terus meningkat. Asisten virtual ini adalah mereka yang bisa membantu mengerjakan tugas seperti administrasi, media sosial, mencatat pemasukan dan pengeluaran, dari jarak jauh.

Sebagai asisten virtual, kita juga bisa memilih spesialisasi sendiri. Sehingga akan bisa memudahkan kita untuk mencari pekerjaan freelance.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi asisten virtual yang bisa membuat curriculum vitae.

Kini ada banyak orang yang mencari asisten untuk membuatkan mereka desain CV atau resume untuk melamar kerja. Dengan jasa ini, kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

7. Menjual Foto

Jualan Foto Online
Peluang Penghasilan Digital dengan Menjual Foto

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk mencari pekerjaan freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menjual foto.

Hal ini tentunya bisa dilakukan oleh kita yang memang memiliki hobi memfoto. Ada banyak orang yang mencari foto untuk bisnisnya. Apakah itu untuk foto stok website, blog, atau bahkan media sosial mereka. Tipe foto yang dicari pun beragam.

Mulai dari foto profesional, foto orang dengan beragam ekspresi, bahkan hingga ke foto-foto titik lokasi di suatu tempat. Kita bisa memanfaatkan beragam platform untuk memamerkan hasil foto. Mulai dari Foap, iStock, hingga Shutterstock.

Kita tinggal mengupload foto ke sana, dan masukkan kata kunci. Kita akan mendapatkan penghasilan dari setiap foto kita diunduh oleh para pelanggan berbayar.

7 Kerja Freelance Digital untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Kabar baiknya, informasi peluang kerja digital sebagai freelance seperti disampaikan di atas, bukan hanya dapat dicoba pada saat pandemi seperti sekarang ini saja lho, namun setiap saat bisa anda lakukan sesuai dengan passion dan keahlian yang anda miliki.

Jadi, dari 7 Kerja Freelance Digital untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan di atas, apakah ada yang sudah anda coba saat ini? berencana menambah cakupan pekerjaan freelance dalam waktu dekat?

Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya.. terima kasih untuk tetap semangat serta tidak menyerah dalam kondisi apapun. Peluang baik, insyaAllah selalu akan anda untuk yang tetap mau berusaha keras.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.