4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuka Tabungan Emas

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuka Tabungan Emas. Sejak zaman dulu, emas memang sering menjadi sarana untuk menyimpan kekayaan. Hanya saja, risiko menyimpan emas secara fisik di era seperti saat ini sangat rawan, karena mudah hilang atau bahkan dicuri. Meski begitu, Anda tetap bisa berinvestasi emas dengan cara lebih aman tanpa takut kemalingan dengan sarana tabungan emas.

Tabungan menggunakan emas menerapkan pola investasi yang beda kalau dibandingkan dengan menyimpan emas secara fisik. Pada produk ini, Anda menggunakan jasa penitipan emas di lembaga yang tepercaya. Saat ini, Anda bisa memilih berbagai layanan tabungan emas yang ada di pasaran, termasuk dari Pegadaian, Brankas Logam Mulia Antam, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Namun, dari berbagai penyedia layanan tabungan emas tersebut, mana yang bisa Anda pilih? Sebelum menentukan pilihan, ada 4 hal yang perlu kamu persiapkan, yaitu :

1. Cari tahu tingkat keamanan

Persiapan pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencermati fitur keamanan dari penyedia layanan tabungan. Jangan sampai kamu mengalami kerugian hanya karena rendahnya tingkat keamanan dari mereka. Selain itu, cari tahu pula kemudahan dalam melakukan memperoleh layanan support ketika mengalami permasalahan.

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuka Tabungan Emas
Gambar Ilustrasi Tabungan Emas Murni — Pixabay

2. Ketahui cara melakukan penambahan saldo emas

Selanjutnya, Anda juga perlu mencari tahu tentang cara penambahan saldo emas pada tabungan. Semua jenis tabungan berbasis emas yang ada di pasaran, memberi kemudahan bagi para penggunanya ketika ingin membeli atau menjual saldo emas. Hanya saja, Anda perlu tahu berapa nominal pembelian emas yang mereka tetapkan.

3. Jangan lupa memperhitungkan biaya penitipan emas

Persiapan berikutnya adalah dengan mencari tahu terkait besaran biaya penitipan emas yang perlu dibayar setiap tahunnya. Sebagai contoh, Tabungan Emas Pegadaian mematok biaya penitipan sebesar Rp30 ribu per tahun. Sementara itu, Brankas Logam Mulia memiliki kebijakan yang berbeda. Nominal biaya penitipan disesuaikan dengan jenis keanggotaan, berkisar mulai dari Rp100 ribu per tahun sampai Rp2,5 juta per tahun.

4. Penarikan saldo emas fisik, mudah atau susah?

Terakhir, jangan lupa pula untuk mencari tahu terkait kemudahan penarikan saldo emas fisik. Saat melakukan penarikan, Anda akan dibebani dengan biaya pencetakan. Selain itu, jangan lupa pula untuk memperhitungkan durasi penerimaan emas fisik. Usahakan untuk memilih tabungan yang memberi kemudahan dalam proses penarikannya.

Mulai hijrah finansial bersama qazwa melalui pembiayaan syariah, agar hidup jadi lebih berkah.

qazwa.id

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuka Tabungan Emas

Itulah 4 persiapan yang wajib kamu lakukan ketika ingin berinvestasi dengan tabungan emas. Hanya saja, jangan terpaku pada investasi emas. Kamu juga perlu melakukan diversifikasi investasi. Sebagai tambahan, diversifikasi tersebut dapat Anda lakukan dengan melakukan investasi lewat Qazwa.

Qazwa memberi solusi investasi berbasis syariah yang aman dan menguntungkan. Tidak hanya itu, investasi melalui Qazwa juga menjadi peluang bagi Anda untuk membantu memajukan para pelaku UMKM di tanah air.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.