Tips Main Crypto dengan Legal dan Aman

Bagaimana cara mendapatkan uang 1 juta dalam sehari? Sebagian dari Anda mungkin ada yang mempunyai pertanyaan yang sama dengan pertanyaan tersebut. Hal itu bisa dibilang cukup wajar, mengingat semakin tingginya kebutuhan hidup seseorang. Oleh karena itu banyak orang yang berupaya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut merupakan Tips Main Crypto dengan Legal dan Aman.

Tips Main Crypto dengan Legal dan Aman
Tips Main Crypto dengan Legal dan Aman

Di zaman serba digital seperti sekarang, mencari penghasilan tambahan bukanlah perkara sulit. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukkan, salah satunya dengan main crypto. Saat ini metode investasi yang satu ini lagi digandrungi oleh banyak pihak karena dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bagi Anda yang tertarik dengan metode investasi ini, berikut ini tips atau cara main crypto yang aman dan legal.

Tips Aman dan Legal Main Crypto atau Cryptocurrency

Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang memiliki teknologi blockchain sehingga tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Jenis mata uang ini bersifat universal sehingga bisa digunakan di seluruh dunia. Salah satu jenis mata uang crypto yang paling populer dan banyak digunakan adalah Bitcoin atau BTC.

Sama halnya dengan mata uang pada umumnya, mata uang crypto juga mengalami fluktuasi. Bedanya, perubahan nilai mata uang crypto berjalan dengan sangat ekstrem. Hal ini berbanding terbalik dengan mata uang biasa yang perubahannya tidak begitu dalam.

Di Indonesia, cryptocurrency merupakan hal baru yang tidak semua orang mengenali metode investasi ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik dengan crypto, Anda harus mempelajari bagaimana cara memainkannya dengan benar, aman, dan tentunya legal secara hukum.

1. Gunakan Uang Dingin untuk Main Crypto

Setiap metode investasi pasti memiliki resiko, termasuk crypto. Crypto bahkan termasuk investasi dengan resiko yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan salah satunya karena perubahan nilai mata uang crypto yang cukup ekstrem.

Untuk meminimalisasi resiko tersebut, sangat disarankan main crypto dengan menggunakan uang dingin. Uang dingin adalah uang yang belum digunakan dalam waktu dekat atau uang tersebut belum dialokasikan untuk kebutuhan. Banyak juga yang bilang bahwa uang dingin merupakan uang berlebih yang Anda miliki.

Uang dingin ini bisa Anda peroleh setelah menyelesaikan atau memisahkan uang untuk semua kebutuhan harian, seperti cicilan, tagihan, biaya hidup, dan lain sebagainya. Jika uang ini hilang alias investasi Anda gagal, maka tidak akan mempengaruhi kebutuhan lainnya.

2. Pilih Platform yang Legal

Mengingat investasi ini beresiko besar, Anda harus hati-hati dalam memilih marketplace atau exchange sebelum transaksi. Di Indonesia, Bappebti yang berperan sebagai regulator perdagangan crypto. Lembaga ini sudah mengeluarkan 13 nama perusahaan yang telah mengantongi izin dari Bappebti. Ke-13 perusahaan tersebut, diantaranya Tokocrypto, Indodax, Luno, Rekeningku, dan lainnya.

3. Pelajari Teknologi Keamanan yang Diterapkan

Setelah memilih exchange, Anda harus memastikan teknologi keamanan yang mereka miliki. Meskipun sudah terdaftar di Bappebti, tidak salah juga jika Anda memastikan kembali sistem keamanan yang digunakan platform tersebut. Hal ini juga bertujuan untuk keamanan setiap transaksi yang Anda lakukan di platform tersebut.

4. Pelajari Aset Crypto yang Dipilih

Sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu Anda harus paham jenis-jenis mata uang crypto yang beredar di pasaran. Salah satu mata uang crypto yang banyak digunakan adalah Bitcoin (BTC). Selain Bitcoin juga adalah Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Tether (USDT), dan lain sebagainya. Setelah memahami jenis-jenis mata uang tersebut, Anda bisa langsung mengecek ketersediaannya di exchange yang Anda pilih.

5. Bijak dalam Mengambil Keputusan

Sama halnya dengan jenis investasi lain, Anda harus bijak dalam mengambil setiap keputusan terkait investasi yang dilakukan. Apalagi investasi yang dilakukan mempunyai resiko yang cukup tinggi. Saat aset crypto Anda turun, jangan panik dan terburu-buru untuk menjual. Karakter crypto dengan fluktuasi cepat, sangat memungkinkan aset crypto Anda akan naik kembali pada momen-momen tertentu.

Jangan malas untuk mempelajari berbagai kemungkinan yang terjadi saat aset crypto Anda berada pada kondisi yang tidak baik.

6. Pahami Besaran Biaya Layanan

Saat transaksi perdagangan crypto, Anda akan dibebankan biaya layanan, yakni biaya pembelian dan penarikan. Biasanya ada dua skema yang sering digunakan oleh exchange dalam penarikan biaya ini, yakni sistem flat rate dan sistem presentasi. Selain kedua biaya di atas, Anda juga akan dikenakan biaya transaksi sebagai market taker. Biaya market taker merupakan biaya yang dibebankan kepada trader yang melakukan transaksi dengan ikut pada antrean harga yang sudah ada.

7. Jangan Hanya Berfokus Pada Crypto

Belakangan main crypto memang cukup populer di tanah air bahkan dunia. Hal ini tidak terlepas dari besarnya keuntungan yang ditawarkan oleh investasi ini. Meski begitu, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda jangan hanya berfokus pada investasi ini.

Masih banyak jenis investasi yang di luar sana yang juga menawarkan keuntungan menarik, salah satunya investasi reksadana. Jenis investasi ini memiliki resiko yang cukup rendah. Jika tertarik, Anda bisa memulai investasi reksadana di Bukalapak melalui bukareksa.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar bisa main crypto dengan aman, legal dan pastinya menguntungkan. Jangan ragu untuk mempelajari hal lain yang masih berkaitan dengan metode investasi ini.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *