Bagikan Blogmu!Kamu punya Blog? Kami ingin membacanya bersama-sama.

Tips dalam Menentukan Vendor Sistem Payroll Perusahaan

Tips dalam Menentukan Vendor Sistem Payroll Perusahaan. Software payroll memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan. Mulai dari pembayaran gaji, perhitungan PPh (Pajak Penghasilan), laporan data karyawan, perhitungan upah lembur, tunjangan, hingga uang pensiun.

Namun, sebelum Anda menggunakan software payroll tentukan terlebih dahulu vendor atau penyedia layanan payroll yang sudah terbukti kualitas software tersebut.

Tips dalam Menentukan Vendor Sistem Payroll Perusahaan
Gambar Ilustrasi Orang/Karyawan Menghitung Uang.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat menentukan vendor sistem payroll untuk perusahaan Anda.

1. Perhatikan Layanan Khusus yang Ditawarkan Vendor

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah layanan atau fasilitas payroll yang ditawarkan vendor. Pilih vendor yang menawarkan fasilitas lengkap dan mudah diaplikasikan. Sehingga mempermudah perusahaan menggunakan aplikasi tersebut untuk mengelola keuangan karyawan.

2. Pilih Software yang Memberikan Kemudahan Proses Integrasi

Pastikan pula bahwa software yang Anda dapatkan dari salah satu vendor dapat dengan mudah diintegrasikan atau terhubung dengan sistem yang Anda gunakan di perusahaan. Sehingga implementsi sistem payroll tidak mengangganggu sistem lain yang sudah ada. Dengan data yang terintegrasi inilah, perusahaan lebih mudah melakukan rekapitulasi data dan pemantauan kinerja karyawan.

3. Pilihlah Vendor yang Menawarkan Software dengan Tingkat Fleksibilitas Tinggi

Usahakan memilih vendor yang menawarkan software payroll dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Artinya, software dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Tim HR dapat melakukan editing data sewaktu-waktu sesuai kebutuhan, tanpa menyebabkan error pada software. Fleksibiltas fitur tersebut sangat penting, karena seiring berjalanan waktu ketentuan dan kriteria perhitungan penggajian dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Pilih Software yang Memberikan Batasan Akses

Payroll merupakan salah satu sistem terpenting dalam perusahaan. Sistem ini memuat data-data penting menyangkut karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Artinya, tidak semua orang diperbolehkan mengakses software jika tidak berkepentingan.

Pastikan kepada vendor incaran Anda, bahwa payroll yang mereka tawarkan memiliki fitur pembatasan akses software. Artinya, hanya pihak tertentu yang boleh dan dapat mengakses sistem ini, misalnya hanya tim HR.

Tips dalam Menentukan Vendor Sistem Payroll Perusahaan.

Baca Juga :

Sistem Payroll Yang Ideal Untuk Perusahaan

5. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Tips selanjutnya, perhatikan software payroll yang ditawarkan vendor. Apakah mereka memiliki jaminan keamanan yang tinggi? Sebagai aplikasi payroll online sangat rentan terhadap pencurian database dan penyalahgunaannya.

Ini menjadi tugas Anda memastikan pada vendor, bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Pastikan aplikasi payroll yang ditawarkan software memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan menjamin data yang tersimpan dalam sistem aman.

6. Pertimbangkan Pembiayaan

Untuk mendapatkan software payroll tentu tak lepas dari biaya yang akan perusahaan keluarkan untuk pembelian aplikasi tersebut. Pertimbangkan harga software payroll yang ditawarkan vendor dengan fasilitas yang akan perusahaan dapatkan jika menggunakan software tersebut.

Saat ini sudah banyak vendor yang menawarkan software payroll dengan keunggulannya masing-masing. Berhati-hatilah dalam memilih vendor sebelum mengunakan aplikasi payroll untuk kemajuan perusahaan.

Salah satu software payroll yang dapat anda gunakan saat ini adalah LinovHR, dengan Aplikasi Payroll Online LinovHR, kegiatan seperti perhitungan payroll, pembayaran gaji berserta komponen-komponennya secara rutin maupun periodik, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll yang akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.