Tips Cara Pemula Membuat Halaman Elementor SEO

Tips Cara Pemula Membuat Halaman Elementor SEO menggunakan bantuan plugin wordpress tambahan, maupun diterapkan dengan cara optimasi manual sesuai kaidah algoritma Search Engine Optimation secara umum. Yuk.. mari kita coba bersama-sama ya…

Tips Cara Pemula Membuat Halaman Elementor SEO

Sekilas Tentang Elementor

Pengguna wordpress, seperti saya dan anda. Saat ini tengah dimudahkan dengan hadirnya sebuah plugin bernama Elementor. Memiliki fitur sebagai page builder, plugin elementor ini sangat membantu kita untuk membuat halaman website secara cepat serta mudah, tentu dengan hasil tampilan profesional yang memuaskan.

Dirman Personal Blog sendiri, menggunakan plugin ini untuk membangun beberapa website, baik situs pribadi maupun layanan untuk pelanggan, salah-satunya adalah untuk kebutuhan tampilan web jasa layanan pembuatan website personal.

Menjadikan Halaman Elementor SEO Tanpa Plugin

Mengapa cara menjadikan halaman yang dibuat menggunakan Elementor menjadi SEO Friendly tanpa plugin ini saya sampaikan pertama kali? Sependek pengalaman saya menerapkan plugin SEO WordPress, ada beberapa hal yang kemudian dapat saya amati, antara lain :

  • Plugin SEO, sejatinya merupakan alat bantu agar struktur konten kita sesuai dengan apa yang disarankan/diinginkan oleh sistem algoritma mesin pencari.
  • Wordpess SEO Plugin, tidak memiliki faktor khusus ataupun berafiliasi dengan mesin pencari untuk dapat menjamin halaman website/blog anda mendapatkan tempat nomor satu di hasil pencarian.

Dari 2 (dua) hal seperti disampaikan diatas, kita sudah dapat menarik kesimpulan besar bahwa yang terpenting adalah struktur konten harus sesuai dengan kaidah SEO. Plugin, hanya bersifat membantu saja agar kita tetap pada koridor tersebut. Sampai di sini anda sebagai pengguna plugin SEO setuju, ya? 🙂

Jika tak sepakat, silahkan scroll kebawah, nanti ada informasi khusus untuk pengguna SEO Plugin. Nah.. Lalu bagaimana cara kita menjadikan konten dapat sesuai dengan kaidah SEO secara umum? Berikut adalah hal utama yang perlu anda terapkan ketika membuat konten. Baik itu halaman depan website, maupun posting update di blog.

Time needed: 7 minutes.

5 Cara Mudah Menjadikan Konten Sesuai Kaidah SEO Friendly

  1. Pastikan Judul Konten Terbaca Sempurna.

    Secara umum, sistem mesin pencarian dapat membaca judul secara utuh hingga 160 karakter. Pastikan judul halaman website atau posting artikel blog anda tak lebih dari itu ya.seo title

  2. Buat Deskripsi Yang Mewakili Seluruh Isi Konten. Padat dan tak perlu terlalu panjang.

    Sama seperti Judul, deskripsi dapat terbaca dengan baik secara utuh antara 120 hingga 155 karakter saja. Buatlah sesuai tidak lebih dari 155 karakter.

  3. Lengkapi Dengan Gambar.

    Dikenal juga dengan istilah rich content, konten yang kaya dengan unsur pendukung seperti gambar atau video. Khusus untuk gambar, pastikan disertai keterangan menyesuaikan konten dan tak perlu terlalu besar ukuran size filenya, agar tidak memperlambat loading.

  4. Fokus pada Kata Kunci.

    Yang dimaksud fokus di sini adalah menempatkan keyword pada konten seperlunya, karena jika terlalu banyak, maka mesin pencarian akan menganggap itu adalah sebuah spam. Jika dibutuhkan banyak, gunakan kata kunci turunan yang mendukung serta relevan.

  5. Jumlah Karakter Konten.

    Untuk bagian ini, ada beberapa mazhab yang dapat digunakan. Ada yang meyakini minimal kata dalam sebuah konten adalah 300, 500, 600 hingga 1000 kata. Silahkan disesuaikan. Patokannya adalah: Semakin banyak kata, insyaAllah semakin baik, karena dapat membuat pengakses “stay” lebih lama pada halaman anda. Dikenal juga dengan istilah SEO: Page View.

Menjadikan Halaman Elementor SEO Menggunakan Plugin

Seperti yang dilansir pada blog resminya tentang Elementor SEO Plugin, secara default, WordPress tidak menyertakan banyak fungsi SEO bawaan, maka dari itu, plugin SEO berkualitas harus dimiliki untuk setiap situs WordPress.

Salah satunya jika menggunakan Elementor sebagai site/page builder. Elementor sendiri menggunakan metode perbandingan pada plugin SEO antara lain : Yoast SEO, Rank Math, All in One SEO Pack, The SEO Framework, SEOPress dan Squirrly SEO.

Dirman Personal Blog Memilih Rank Math

Setelah meluangkan waktu untuk mencoba beberapa plugin seperti informasi di atas, pilihan terakhir saya jatuh pada plugin Rank Math. Cara menerapkannya juga mudah, sama seperti pada plugin wordpress yang lain :

  • Masuk pada Dashboard WordPress
  • Pilih opsi install Plugins
  • Cari plugin bermana : Rank Math
  • Lakukan Instalasi

Serunya, menggunakan rank math cukup membantu secara user view, pengaturan opsi optimasi SEO (seperti yang dibahas pada awal artikel ini), sudah tersedia langsung di menu khusus saat kita membuat konten SEO. Ini tidak tersedia saat saya mencoba dengan plugin SEO lainnya. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Tips Cara Pemula Membuat Halaman Elementor SEO
csr.dirmanto.web.id

Tips Cara Pemula Membuat Halaman Elementor SEO

Walaupun informasi ini bukan merupakan sebuah saran profesional dari ahli SEO, namun semoga saja artikel ini dapat dengan mudah membantu dalam menentukan optimasi SEO, baik menggunakan plugin maupun manual. Selamat mencoba ya.

Punya pengalaman berbeda? Jangan stop sesuatu yang bermanfaat berhenti pada diri anda, yuk.. bagikan juga kepada yang lain!.

Download Elementor | Download Rank Math

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.