Tips Cara Mencuci Karpet Bersama Keluarga di Rumah

Tips Cara Mencuci Karpet Bersama Keluarga di Rumah. Ini dapat dilakukan saat hari libur misalnya. Selain menjadikan badan sehat karena bisa dibilang sebagai aktivitas olahraga ringan, juga bisa menumbuhkan rasa solidaritas kebersamaan tinggi antar anggota keluarga. Yuk.. baca selengkapnya tentang cara mencuci karpet ini untuk anda.

Tips Cara Mencuci Karpet Bersama Keluarga di Rumah
Mencuci Karpet Sendiri

Kenali Jenis Karpet Anda

Jangan buru-buru membasahi atau bahkan merendam karpet, ya. Sebaiknya kenali jenis karpet koleksi anda. Biasanya informasi ini dapat dilihat pada label tag karpet. Apakah karpet anda bisa dicuci basah atau cuci kering (dry wash). Jangan sampai salah, ya!. Karena jika keliru, bukan membuat karpet menjadi bersih, malah bulu karpet dan warnanya bisa hilang lho..!

Jika karpet yang ada punya adalah jenis yang bisa dicuci basah menggunakan air serta sabun, maka artikel ini cocok bagi anda. Namun jika tidak, mohon maaf, karena Dirman Personal Blog sendiri belum pernah memiliki pengalaman mencuci karpet tanpa air!.

Cara Mudah Mencuci Karpet di Rumah

Sependek pengalaman mencuci karpet yang pernah kami coba, sebenarnya tak sulit-sulit amat sih, asal tersedia waktu dan tenaga juga kesempatan untuk mencuci karpet bersama keluarga. Begini caranya :

Bersihkan Kotoran di Karpet

Agar tidak kesulitan saat mencuci, karpet sebaiknya kita bersihkan dulu. Jika ada menempel debu atau kotoran lain seperti misalnya noda makanan. Mengapa harus dibersihkan dahulu? Agar saat membasahi dengan air serta membilasnya dengan sabun, tak membutuhkan waktu terlalu lama.

Debu pada karpet dapat kita coba bersihkan menggunakan alat penyedot debu jika punya. Jika kebetulan tidak ada, bisa dibersihkan dengan cara digantung, kemudian ditepuk-tepuk dengan sapu lidi bersih. Sementara untuk noda, sebaiknya digosok perlahan sembari dibasahi dengan air hingga noda tersebut hilang.

Semprot Dengan Selang Air

Setelah debu dan noda tadi hilang, barulah kita mulai semprot karpet tersebut menggunakan selang air bertekanan tinggi. Cukup antara 5 sampai 10 menit saja, yang penting semprot secara merata. Lalu diamkan selama 15 menit.

Gunakan Pembersih Khusus Karpet

Setelah selesai kita semprot dengan air sampai merata dan sudah didiamkan selama 15 menitan, lanjutkan dengan memberikan pembersih khusus, seperti sabun atau sampo yang memang diproduksi untuk membersihkan karpet.

Gosok perlahan, jangan terlalu dalam agar pembersih karpet tidak terlalu meresap hingga akan susah untuk dibilas dengan air nantinya.

Jika belum punya, sebaiknya sempatkan untuk membeli pembersih khusus karpet. Mudah kok mencarinya. Kita bisa menanyakan saat belanja di mall atau menghubungi langsung toko karpet terdekat dengan tempat tinggal anda.

Bilas Karpet Perlahan Hingga Bersih Total

Setelah memberi pembersih khusus pada karpet, bilas dengan cara menggosok perlahan sambil disiram air. Berbeda dengan saat pertama tadi, jika awalnya karpet disemprot dengan air bertekanan tinggi, saat membilas cukup diguyur saja, tidak perlu disemprot.

Mengapa? karena takutnya bahan pembersih tadi mengandung pelembut sehingga jika kita semprot akan mengakibatkan kerusakan pada bulu karpet.

Setelah bersih, jemur karpet di tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari langsung, seperti misalnya di area jemuran yang ada peneduhnya.

Tips Cara Mencuci Karpet Bersama Keluarga di Rumah

Bagaimana, cukup mudah, cepat dan murah bukan? Jangan lupa membagi tugas kepada anggota keluarga serta putra-putri untuk ambil bagian saat melakukan cuci karpet di rumah.

Lakukan dengan semangat dan gembira ya, karena jika karpet nanti sudah bersih dan dipakai saat menonton film bersama di ruang keluarga, tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri. Semoga dapat menjadi manfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.