Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot

Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot. Dalam keseharian, kita sering mengenal kondisi ini dengan sebutan kram. Pernah mengalami kram otot saat melakukan aktivitas? rasanya nyeri sekali, ya? Nah, Terjadinya Kejang Pada Otot ini bisa disebabkan akibat beberapa gejala alami yang dapat dikenali secara dini. Jadi, agar tak terlanjur menjadi kram, sebaiknya antisipasi agar gejala ini dapat diminimalisir, ya. Berikut ada 2 Gejala Alami Kejang pada Otot :

1. Otot Sering Terasa Lebih Keras

Ini biasanya terjadi pada orang yang tidak terlalu banyak melakukan kegiatan olahraga atau bagi kita yang baru saja memiliki jadwal baru berolahraga. Penyebabnya kemungkinan besar adalah karena otot kita sering kontraksi berlebihan secara tiba-tiba. Kenali dengan baik kondisi tubuh kita, karena jika tidak, ada beberapa orang yang memiliki kemampuan menahan rasa sakit. Sehingga gejala ini sering terlewatkan untuk dikenali.

Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot
sumber ilustrasi : WikiHow

Sesuaikan Kemampuan Tubuh – Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot

Tips agar terhindar dari kram otot berdasarkan gejala ini adalah :

  • Sesuaikan dengan kemampuan tubuh saat melakukan aktivitas yang baru, seperti olahraga. Lakukan secara bertahap, semisal lari pagi mulai dengan jarak beberapa puluh meter saja.
  • Sering beristirahat saat beraktivitas yang menyebabkan otot sering melakukan kontraksi.
  • Perbanyak asupan cairan untuk tubuh.

2. Timbul Benjolan

Ini adalah gejala lanjutan setelah kita mulai mengabaikan gejala awal saat sering terjadi pengerasan pada otot. Sebisa mungkin, jangan terlanjut mengalami ini, ya. Pastikan lakukan hal sederhana ini :

  • Lakukan pemanasan ringan saat akan berolahraga maupun kegiatan berat lainnya.
  • Berikan perlakukan khusus untuk otot saat tiba waktu istirahat, semisal dengan melemaskan tangan dan kaki sebelum tidur.
  • Dapatkan asupan tambahan khusus seperti Susu Anlene yang sudah menyediakan kandungan nutrisi penting bagi kesehatan otot.

Penyebab Sering Terjadinya Kejang Pada Otot

Kita semua menyadari, perubahan yang terjadi pada Gaya Hidup sekarang ini, seringkali justeru mengakibatkan sebagian besar orang menjadi abai terhadap kesehatan, termasuk salah satunya adalah menjaga kesehatan otot. Salah satunya adalah terkait profesi yang dijalani oleh hampir kebanyakan orang di era milenial seperti sekarang ini.

Mudah Terjadi Pada Orang Dengan Profesi Tertentu

Termasuk kita sebagai Blogger, misalnya. Seringnya seharian beraktivitas di depan laptop, dapat menyebabkan kita sering lupa untuk menggerakkan badan, melakukan olahraga rutin, bahkan banyak dari kita juga yang mungkin sering melupakan untuk tetap menjaga asupan mineral untuk tubuh. Benar, tidak?

Demikian halnya yang memiliki pekerjaan sehari-hari di kantor. Sejak pagi hari harus mengurusi pekerjaan rutin dengan banyak duduk, lalu saat sesekali harus berlari mengejar pimpinan dengan menaiki tangga saja, otot sudah terasa nyeri bahkan langsung mengalami bengkak. Pernah mengalami hal seperti ini saat di kantor?

Perubahan Cuaca secara tiba-tiba – Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot

Ini juga merupakan salah satu penyebab umum yang sering terjadi sehingga menyebabkan kram otot. Terutama saat cuaca panas. Karena pada saat cuaca panas, kita seringkali memiliki resiko mengalami dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan inilah resiko terjadi kejang otot menjadi lebih rentan terjadi. Pastikan selalu kontrol konsumsi asupan cairan untuk tubuh kita, ya.

Nah, semoga artikel tentang beberapa Tips Agar Terhindar dari Terjadinya Kejang pada Otot bisa menjadi manfaat yang baik, ya. Selalu jaga pola hidup tepat setiap saat, agar otot kita tetap sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.