Tips Memilih Hosting
Whatsapp Online ChatJam Online: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-21.00 WIB.

Pentingnya Aset Online Pribadi di Era 4.0

Pentingnya Aset Online Pribadi di Era 4.0. Informasi yang akan disampaikan pada artikel ini adalah tentang bagaimana kesiapan bagi pengusaha dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 (baca: four point O). Anda sudah pernah mendengar istilah ini ?

Menurut Ensiklopedia Bebas Indonesia. Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat.

Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Awal Mula Era Revolusi Industri

Pada sekitar tahun 1870, manusia sudah mulai mengenal dan memanfaatkan adanya sumber daya tenaga berupa Listrik. Penyesuaian tersebut berpengaruh signifikan di dunia industri. Dengan tenaga listrik, kebutuhan industri menjadi lebih mudah, salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan produksi masal sebuah produk yang akan dijual.

Pentingnya Aset Online Pribadi di Era 4.0
Gambar Robot Berkepala Lampu Bohlam (ColiN00B/Pixabay)

Sejak saat itu, hampir semua lini industri terus menggeber inovasi-inovasi mereka dengan menghadirkan sejuta kemudahan berupa produk-produk ciptaan baru, baik mendukung dunia bisnis maupun sebatas kesenangan untuk keseharian. Seperti perangkat-perangkat elektronik, misalnya.

Kemudian, kita mengenal adanya istilah “CANGGIH”

Belakangan, kita memang sangat dimanja dengan kemudahan menggunakan perangkat elektronik berupa komputer, laptop, smartphone, yang membantu kita untuk bisa “menikmati” apa saja, termasuk bekerja dan melakukan otoritasi bisnis. Orang bilang, sekarang sudah jaman canggih.

Saat ini, ketika hampir semua aktifitas didukung oleh kemudahan-kemudahan serta hasil teknologi berupa koneksi internet, tentu kita mau-tidak-mau harus menyesuaikan diri mengikuti perkembangan tersebut. Bagi pengusaha, kemampuan memahami dan melakukan aktifitas didukung teknologi internet, sudah menjadi “semi wajib” untuk beberapa pelaku bisnis.

Bagaimana dengan Anda sendiri?

Pentingnya Aset Online Pribadi di Era 4.0
Gambar Ilustrasi Era Revolusi Industri 4.0 (Geralt/Pixabay)

Pentingnya Aset Online Pribadi di Era 4.0

Maka, kesimpulan dari kenyataan yang terjadi saat ini dengan terus berkembangnya sumber daya listrik dan teknologi internet sebagai pendukung, sumber daya manusia juga sangat perlu untuk kemudian menyesuaikan.

Faktanya, banyak pengusaha, ukm, umkm, pemilik warung, yang kemudian melebarkan konsep bisnisnya dengan memanfaatkan kemajuan tersebut. Salah satunya adalah memiliki aset online pribadi berupa Online Shop.

Anda sudah punya? jangan biarkan anda kalah selangkah saja oleh pesaing bisnis yang lain, segera miliki website toko online sekarang juga.

Tulisan informasi ini bisa saja kurang lengkap bagi anda, mari duduk bersama, ngobrol, diskusi sembari menikmati hidangan semampunya bersama kami. Lihat Tempat Ngobrol.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.