Lakukan Ini Agar Membantu Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Benar. Semua orang memiliki peran tersendiri dalam segala hal. Termasuk sebuah peristiwa besar seperti terjadinya pemanasan global, misalnya. Kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk berperan nyata dalam mengurangi dampaknya. Tak percaya? Lakukan Ini Agar Membantu Mengurangi Dampak Perubahan iklim.

Lakukan Ini Agar Membantu Mengurangi Dampak Perubahan Iklim
Lakukan Ini Agar Membantu Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Secara garis besar, perubahan iklim (climate change), terjadi karena adanya perubahan pada kondisi fisik atmosfer bumi secara terus-menerus dalam kurun waktu yang panjang. Dan karena kita tinggal didalamnya, maka perubahan ini mau tidak mau akan dapat berdampak signifikan dalam segala hal, termasuk berpengaruh dalam aktivitas produktif keseharian.

Apa Saja Contoh Nyata Dampak Perubahan Iklim?

Dalam skala besar, kita tentu sudah mengetahui dampak yang luar biasa akibat dari adanya perubahan iklim yang dialami oleh sekian banyak negara di dunia.

Seperti juga di Indonesia, tak jarang kita mendengar atau membaca di berita terkait adanya indikasi negatif berupa perubahan cuaca ekstrim yang bahkan tak sedikit yang kemudian menimbulkan bencana dalam skala nasional.

Walaupun sering tak disadari secara langsung, kita sebenarnya sudah bisa mengalami dampak kecil maupun besar dalam keseharian, di tempat tinggal masing-masing. Seperti halnya saya pribadi yang beberapa waktu sering mengalami penurunan kesehatan akibat beraktivitas tinggi dalam kondisi cuaca yang tak menentu.

Termasuk saat pandemi melanda. Seperti yang mungkin beberapa teman pembaca ketahui, salah satu aktivitas yang saya jalani adalah ikut menjadi tim relawan pemakaman cepat. Seringnya, kegiatan ini membuat saya harus tetap menjalankan tugas walaupun kondisi cuaca sangat tak mendukung.

Pernah dalam satu hari harus bertugas pemakaman beberapa kali, saat siang cuaca panas, sore hari hujan deras, demikian pula saat bertugas malam hari dengan cuaca hujan ekstrem yang tentu ingin akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ketahanan tubuh, jika tak disiasati dengan baik.

Lakukan Ini Sebagai Langkah Nyata Membantu Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Dalam skala nasional yang mendukung seluruh kepentingan internasional, pemerintah Indonesia sendiri sudah menerapkan dan melaksanakan komitmen dalam ikut berperan aktif membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

Hal ini pernah disampaikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Seperti yang dilansir pada situs Kementrian Komunikasi dan Informatika Saat berbicara pada KTT Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim atau COP26.

Menurut Presiden, penyediaan pendanaan iklim dengan mitra negara maju, merupakan game changer dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang.

Komitmen Indonesia dalam Penanganan Perubahan Iklim di COP26

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai peran nyata dalam membantu mengurangi dampak perubahan iklim? Kita bisa saja menjadi #TeamUpforImpact. Tak selalu harus memulainya dengan sesuatu yang besar dan wah, sebuah aksi kecil bisa saja memiliki pengaruh besar #UntukmuBumiku. Seperti hal-hal sederhana sebagai berikut ini :

1. Berusaha Konsisten Menghemat Energi Listrik di Rumah

Banyak hal sederhana yang sering kita lupa, padahal dampaknya bisa sangat besar dan nyata dalam upaya penghematan listrik secara maksimal. Contohnya, mematikan lampu kamar mandi saat tidak digunakan. Kalau saya, ini memang sering lupa, bagaimana dengan Anda?

2. Menghemat Anggaran Pembelian Bahan Bakar

Tidak semua orang bisa dengan mudah melakukan hal ini. Terlebih lagi jika kesehariannya memang membutuhkan sarana transportasi pribadi untuk berkegiatan. Namun jika Anda bisa, tentu ini bisa menjadi peran penting. Seperti sesekali membiasakan diri menggunakan transportasi umum, atau bahkan menggunakan kendaraan tanpa bahan bakar seperti sepeda.

3. Membiasakan Keluarga Gemar Makan Sayur dan Buah

Awalnya memang seperti biasa saja. Tapi jika kemudian hal ini tercapai, akan ada kebiasaan lain yang dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim secara alamiah, seperti misalnya menjadi terbiasa gemar menanam sayuran untuk konsumsi keseharian di rumah. Seperti saya yang mulai gemar melakukan Budidaya sayuran dan ikan lele dalam ember, misalnya. Anda sudah coba?

Nah, jadi sebenarnya mendukung agar fenomena terjadinya perubahan iklim tersebut mudah, bukan? Bahkan dapat kita lakukan secara tanpa sengaja dengan membiasakan diri melakukan hal-hal seperti disampaikan di atas.

Yuk.. kita sempatkan sesaat untuk melihat diri sendiri dan sekitar, siapa tahu ada sesuatu yang juga mudah Anda lakukan untuk dapat dijadikan sebagai kebiasaan rutin keseharian dalam rangka memiliki peran nyata membantu mengurangi dampak perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.