Bergabung di GrupNgobrol Seputar Blog, bersama narablog Indonesia.

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja. Jangan dikira tulisan ini akan membahas tentang syair lagunya Stinky ya, karena memang tidak ada hubungannya. Namun jujur saja, saya memang menyukai lagu itu. Agar tidak terlalu “kecele”, diakhir baris tulisan ini, kita bareng-bareng denger lagunya via youtube ya.. 🙂

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja
Doors Choices Choose by Pixabay

Sekarang kita menuju kepada topik pembahasan pada tulisan ini yang sebenarnya. Disini, kita akan membahas tentang blogger/narablog. Dimana beberapa waktu terakhir, banyak “seliweran” informasi yang sepertinya membandingkan antara narablog dengan trend aktivitas lain, misalkan saja, vlog.

Jika sedang trending, memang sah-sah saja untuk sesaat, beberapa saat atau bahkan berkelanjutan berganti berkegiatan selain ngeblog. Namun kadang kita melupakan bagaimana proses awalnya. Tidak semuanya, sih.. tapi kalau saya melihatnya, kebanyakan bermula dari seorang blogger (narablog), yang kemudian berkembang minat serta skill menyesuaikan trending.

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja. Jadi inilah titik awalnya, bisa saja awalnya adalah sebagai seorang penulis blog, namun sesuai waktu yang berjalan, pergaulan, kebutuhan dan keahilan yang menyesuaikan, pada titik tertentu dapat berkembang menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan, sebagian orang bahkan mengakuinya sebagai “profesi”.

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja
Ilustrasi Orang Menulis, Oleh: Mohamed Hassan.

Penyedia Layanan Domain Hosting Personal

Pengalaman Teknologi seorang narablog, kebanyakan berawal dari bagaimana cara mendaftar domain, berapa harga domain, jasa sewa hosting, mengelola hosting, email dan sejenisnya. Jadi bukan tidak mungkin, jika seorang blogger kemudian mulai menjalani bisnis jualan domain hosting.

Paling tidak untuk tambahan biaya perpanjangan domain dan hosting miliknya sendiri. Jika anda tertatik, banyak layanan reseller untuk kebutuhan tersebut, salah satunya adalah dengan mendaftar sebagai affiliate di IDwebhost.

Penulis Artikel Profesional

Sebagian besar, menjadikan kegiatan ini sebagai profesi, baik tambahan maupun utama. Bahkan ada yang sampai membuat sebuah website khusus untuk mempromosikan layanan jasa menulis artikel. Jika anda ingin mencobanya tanpa membuat website khusus, silahkan mencoba mendaftarkan layanan jasa penulisan artikel anda melalui situs Indonesia Freelance Marketplace.

Profesi diatas, hanyalah sebagai contoh kecil tentang fakta seorang narablog bisa mengembangkan keahlian untuk mendapatkan penghasilan. Masih banyak prospek lain, seperti menjadi webmaster, web desainer, pembuat logo, pengisi konten sosial media, konsultan seo. Bahkan bagi blogger profesional yang sudah menghasilkan banyak manfaat bagi orang lain, tidak jarang kemudian mereka diundang sebagai pembicara pada acara talkshow maupun acara sejenis lainnya.

Jangan Tutup Dirimu Biarkan Menjadi Apa Saja

Jadi anda saat ini adalah seorang narablog profesional? kegiatan apa saja yang sudah bisa dianggap menghasilkan dan bisa dikatakan sebagai profesi?

Berbagi tidak akan mengurangi, bisa jadi kelebihanmu merupakan sarana kebaikan bagi orang lain.

personal blog indonesia – 2019

Nah.. seperti janji saya diatas, saatnya cooling down, yuk kita lihat video Stinky dibawah ini saat membawakan lagu Jangan Tutup Dirimu 🙂

Jangan Tutup Dirimu, Oleh: Stinky.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.