Ingin Mencoba Berhenti Merokok? Lakukan 5 Cara Berikut ini

Ingin Mencoba Berhenti Merokok? Lakukan 5 Cara Berikut ini. Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Walaupun merokok memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan, namun kebiasaan ini nampaknya cukup sulit untuk dihentikan. Selanjutnya akan tersedia informasi untuk berhenti merokok.

Ingin Mencoba Berhenti Merokok? Lakukan 5 Cara Berikut ini
No Smoking in This Area

Perlu diketahui, Indonesia merupakan penyumbang perokok terbesar di dunia yaitu 39,9%, atau menempati peringkat ke tujuh dunia. Bisa dikatakan seandainya jumlah penduduk indonesia adalah 200 juta, maka jumlah perokok aktifnya adalah 80 juta.

Walaupun sudah paham tentang bahayanya merokok, nyatanya sulit sekali menghentikan kebiasaan merokok. Karena rokok itu seperti candu, butuh tekat yang kuat untuk menghentikannya. Berikut ini informasi untuk berhenti merokok yang efektif dan bisa dengan mudah diterapkan.

5 Cara Yang Patut Dicoba Agar Berhenti Merokok

1. Niat

Anda harus mempunyai niat atau tekad yang kuat. Temukan alasan terlebih dahulu, lalu tulislah daftar alasan kenapa anda harus berhenti merokok. Nah, hal itu akan menjadi motivasi untuk tidak merokok. Ketika semangat berhenti merokok kendur, anda bisa melihat lagi catatan yang ditulis sebagai motivasi lagi.

2. Libatkan Orang Terdekat

Ada baiknya anda memberitahukan kepada orang terdekat apabila anda akan berhenti merokok. Cara ini sangat membantu ketika anda kehilangan motivasi atau bahkan lupa orang terdekat anda akan mengingatkan untuk tidak merokok.

3. Sesuaikan Kebiasaan Makan

Menyesuaikan kebiasaan makan yang baik penting dilakukan untuk membantu berhenti merokok. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok, mengganggu indera perasa anda. Sehingga dengan pola makan yang sehat, nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dan mengembalikan fungsi-fungsi indera tubuh.

4. Kenali dan Hindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Beberapa hal yang menjadi pemicu kebiasaan merokok anda antara lain, berkumpul dengan sesama perokok, minum alkohol, minum kopi, stress, bahkan kebiasaan merokok setelah makan. Menyibukkan diri dengan banyak aktivitas, bisa menunda keinginan merokok anda. Relaksasi juga bisa mengurangi stress akibat keinginan merokok. Cobalah untuk pijatan, mendengarkan musik, yoga dan jogging.

5. Lakukan Terapi Khusus Pengganti Nikotin

Gejala yang akan dialami ketika anda berhenti merokok adalah mual, moody, letih,lesu karena tubuh tiba-tiba tidak mendapatkan nikotin. Terapi pengganti nikotin bisa dengan mengunyah permen karet. Pengganti tersebut akan membantu meredakan gejala yang ditimbulkan akibat berhenti merokok.

Tidak bisa dipungkiri, industri rokok merupakan salah satu penopang perekonomian negara. Cukai yang didapat dari rokok, mencapai trilyunan rupiah. Namun, perokok tentunya harus menyadari konsekuensi ekonomi yang ditimbulkan karena merokok. Beban keuangan yang ditanggung karena harus memenuhi hasrat merokok tentu lama – lama memberatkan keluarga.

Bahkan ada dampak ekonomi tidak langsung yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok, yaitu biaya yang ditimbulkan akibat penyakit yang diderita perokok. Bayangin saja, penyakit berat seperti jantung, stroke, kangker mengancam perokok aktif yang kalau sudah kolaps membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ingin Mencoba Berhenti Merokok? Lakukan 5 Cara Berikut ini

Selain kelima cara yang dapat anda coba lakukan agar berhenti merokok, ada cara lain yang kemungkinan akan mendukung, yakni mencari komunitas mantat perokok yang saat ini sudah berhenti merokok. Dengan demikian, anda akan setiap saat mendapat dukungan penuh selain dari orang terdekat.

Merokok, sejatinya merupakan gaya hidup yang memerlukan biaya cukup banyak. Bayangkan saja jika anda sudah terlanjur kecanduan rokok dan anda bisa merokok 2 hingga 5 bungkus per hari, berapa uang yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli rokok? So tunggu apalagi, sudah saatnya anda mulai berfikir untuk berhenti merokok. Semoga informasi cara berhenti merokok ini, bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.