Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

Mumpung masih muda dan énérgik, manfaatkan masa kuliah sebagai waktu yang produktif. Seperti kata bijaksana, “Lulus kuliah adalah akhir pengalaman berupa teori, kehidupan sebenarnya baru saja akan segera dimulai“. Maka, tidak berlebihan jika melengkapi dengan sesuatu yang lebih bermanfaat seperti mencoba peluang bisnis. Berikut Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa yang bisa kamu coba.

Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa
Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa yang mudah untuk dilakukan

Mencoba peluang bisnis konvensional (offline)

Walaupun saat ini kita sudah memasuki era bisnis yang “serba instan”, mudah serta cepat berkat teknologi, namun untuk kondisi tertentu peluang bisnis konvensional ini masih tetap akan ada. Memang benar, biasanya membuka usaha konvensional ini akan membutuhkan modal lumayan besar. Bahkan saya dulu pernah jual emas tanpa surat agar punya modal untuk memulai bisnis baru.

Manfaatkan apa yang kita punya, kalau itu demi mencoba mendatangkan peluang keuntungan, kenapa tidak, bukan? Nah.. Apa saja Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa dengan cara mencoba peluang bisnis konvensional? Berikut adalah beberapa contoh ide peluang bisnis offline yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan.

Membuka Outlet Makanan Kekinian

Saat muda di usia kuliahan, kamu pasti update banget sama yang satu ini dong, benar tidak? bahkan, kamu bisa saja sampai antri berjam-jam demi mendapatkan sebungkus makanan yang sedang viral. Tidak jadi soal, namanya juga masih muda.

Namun, alangkah lebih bermanfaat lagi jika kamu tidak hanya jadi penikmat makanan viral tersebut saja. Coba lihat dari sisi bisnisnya, betapa pelaku usaha tersebut sangat beruntung memiliki bisnis yang laku keras. Nah, jika kamu kebetulan ada waktu senggang selain kuliah, coba isi dengan memanfaatkan peluang tersebut.

Kerja Paruh Waktu

Di luar negeri, seorang mahasiswa bekerja paruh waktu sudah merupakan hal yang biasa. Seharusnya di Indonesia juga seperti itu. Apalagi, saat ini banyak sekali bermunculan bisnis baru dalam skala kecil hingga menengah, seperti misalnya cafe, kedai kopi dan lain sejenisnya.

Pernah menemukan teman satu kampus yang kalau malam hari bekerja di salah satu kedai makanan atau minuman? Nah, berarti Ia termasuk salah satu mahasiswa yang sudah berada di jalan yang benar ^_^, lalu kenapa kamu tidak mencoba menirunya? Gajinya nanti bisa saja kamu simpan sebagai tabungan untuk membuka bisnis sendiri di kemudian hari, bukan?

Mencoba peluang bisnis kekinian (online)

Jangan pernah bermimpi tentang bagaimana cara mendapatkan uang 1 juta dalam sehari tanpa modal jika kamu sama sekali tidak melakukan usaha apapun. Lakukan sesuatu untuk mewujudkanya! Apalagi, sekarang sangat banyak peluang bisnis online yang bisa dicoba dijalani dengan memanfaatkan waktu luang saat tak ada kuliah. Berikut 5 contoh ide peluang bisnis kekinian untuk mahasiswa:

  1. Jualan produk sebagai reseller dropship di marketplace
  2. Menjadi konten kreator dengan memanfaatkan social media populer
  3. Menghasilkan uang dengan membuat blog untuk review produk tertentu
  4. Membuat toko online untuk memasarkan produk yang ada di sekitar
  5. Menyelenggarakan event online sesuai keahlian atau bakat yang dimiliki

Bahkan, dari kelima contoh ide peluang bisnis online seperti di atas tersebut, hampir semuanya tidak membutuhkan modal sama sekali kecuali koneksi internet (bisa memanfaatkan kebutuhan paket data yang biasa digunakan sehari-hari) dan alat digital pendukung seperti laptop dan smartphone (biasanya setiap mahasiswa sudah punya).

Ide Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa — Kamu, sudah coba yang mana?

Yang utama dan paling penting, coba perhatikan bagaimana jadwal kuliah dan waktu luang yang dimiliki, ya! karena bagaimanapun, mencoba menjalankan bisnis baik online maupun offline, tetap akan menguras waktu. Jangan sampai, alih-alih kepingin punya pengalaman di luar rutinitas, malah kesehatanmu jadi terganggu.

Pastikan kamu punya cukup waktu untuk istirahat. Jadi, sesuaikan segala sesuatunya dengan rencana dan manajemen waktu yang baik. Selamat mencoba, semoga kesuksesan menyertai kita semua.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.