Fungsi Sabuk Pengaman yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

Saat berkendara, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah keselamatan diri sendiri dan orang lain. Terutama saat mengendarai mobil pribadi, Anda tidak boleh abai dengan fungsi sabuk pengaman. Kerap kali pengendara roda 4 menyepelekan sabuk pengaman dan hanya mengenakannya supaya tidak ditilang, padahal sabuk pengaman sangat krusial fungsinya sebagai bentuk keselamatan saat berkendara.

Asuransi Kecelakaan - Fungsi Sabuk Pengaman yang Wajib Diketahui, Apa Saja?
Apa saja fungsi sabuk pengaman?

Fungsi Sabuk Pengaman yang Penting Diketahui

Seperti halnya helm bagi pengendara roda dua, sabuk pengaman tentunya hal yang wajib ada dan harus dipakai saat mengendarai mobil. Tidak hanya berlaku bagi sopir, sabuk pengaman juga wajib dipakai oleh para penumpang. Pemakaian yang benar akan memberikan banyak manfaat keselamatan bagi Anda, seperti berikut :

1. Melindungi Kepala dari Benturan

Fungsi pertama dari sabuk pengaman mobil adalah untuk melindungi bagian kepala dari benturan. Saat berkendara, akan ada beberapa kondisi dimana mobil terpaksa harus mengerem mendadak. Karena sifatnya yang mendadak itulah maka baik supir maupun penumpang bisa saja mengalami benturan di kepala akibat tubuh yang terdorong ke depan. Hal ini sudah pasti cukup berbahaya karena benturan di kepala dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Meskipun tidak secara langsung melindungi kepala seperti helm, setidaknya dengan menggunakan sabuk pengaman Anda tidak akan terlempar ke depan dan tubuh tetap tertahan di jok mobil. Bagian kepala juga secara otomatis tidak akan mengalami benturan pada dashboard, maupun kaca mobil.

2. Menahan Badan Supaya Tidak Terlempar ke Depan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, sabuk pengaman berfungsi menahan badan Anda agar tidak terlempar ke depan. Tidak hanya menahan badan saat mobil mengerem mendadak, sabuk pengaman juga akan menahan badan Anda supaya tidak terlempar keluar mobil ketika kecelakaan terjadi.

Fungsi sabuk pengaman ini tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga teruntuk anak-anak. Mengingat tubuh anak-anak yang lebih kecil dan lebih ringan dari orang dewasa sehingga risiko terlempar pun akan lebih tinggi. Jika sabuk pengaman mobil masih dirasa kurang aman bagi anak, Anda dapat memasang kursi sabuk pengaman khusus anak.

3. Nyaman Saat Berkendara

Banyak orang yang menolak menggunakan sabuk pengaman karena merasa tidak bebas saat bergerak. Sebenarnya keluhan ini tidak akan Anda rasakan apabila telah memasang sabuk pengaman dengan benar. Anda cukup mengatur panjang sabuk pengaman yang dikenakan supaya pas di badan Anda dan bisa tetap bebas bergerak.

Memakai sabuk pengaman dengan benar saat berkendara justru akan membuat nyaman. Sebab saat mobil berjalan, tubuh Anda akan mengikuti gerakan mobil terutama saat melewati jalan bergelombang. Sudah pasti Anda akan sangat tidak nyaman jika harus bolak-balik mengatur posisi duduk sehingga dapat mengganggu konsentrasi saat menyetir. Dengan sabuk pengaman, maka posisi duduk Anda akan tetap tegak selama berkendara.

4. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Kesimpulan dari ketiga poin di atas, fungsi pemakaian sabuk pengaman tak lain adalah untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mengendarai mobil. Meski mobil Anda telah dilengkapi airbag, namun tanpa dibarengi penggunaan sabuk pengaman yang benar, risiko kecelakaan yang dialami akan sangat fatal.

Ketika tidak mengenakan sabuk pengaman di saat kecelakaan terjadi, akan besar kemungkinan baik pengemudi maupun penumpang akan mengalami benturan keras di kepala bahkan terlempar hingga keluar mobil. Meski risiko kecelakaan tetap ada, namun dengan mengenakan sabuk pengaman risiko kecelakaan yang dialami akan diminimalisir.

Selain memperhatikan fungsi sabuk pengaman, Anda juga sebaiknya membekali diri dengan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri dari Bank Danamon. Produk asuransi ini akan memberikan manfaat berupa perlindungan kecelakaan diri Anda dengan nilai santunan mulai Rp 100.000.000 hingga Rp 500.000.000.

Selain itu, premi yang dibayarkan per bulan pun sangat terjangkau, yakni mulai Rp 25.000. Inilah yang membuat asuransi ini jadi tidak memberatkan dan dapat dimiliki oleh seluruh kalangan. Jadi tunggu apalagi? Pastikan melindungi diri dengan asuransi kecelakaan Bank Danamon agar berkendara lebih tenang dan juga nyaman.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *