Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet & Berfungsi Optimal

Komponen mobil yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pemilik kendaraan. Seperti yang telah kita ketahui, wiper adalah salah satu aset vital pada mobil yang perlu mendapat perawatan. Karena fungsinya untuk membersihkan kaca depan dari air, debu, dan kotoran yang menempel. Berikut Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet & Berfungsi Optimal.

Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet & Berfungsi Optimal
Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet

Wiper terbuat dari bahan karet dan akan sangat membantu sepanjang perjalanan, terutama di saat hujan. Akan tetapi, jika musim panas wiper lebih rentan kering, rapuh, hingga pecah. Maka dari itu, untuk mencegahnya perlu dilakukan perawatan dengan baik.

Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet dan Tidak Membuat Baret Kaca

Saat sedang hujan, keberadaan wiper sangat dibutuhkan oleh pengemudi mobil. Wiper ini mempunyai peran membersihkan kaca mobil dari aliran air akibat hujan dan kabut. Jika komponen mobil yang satu ini mengalami kerusakan, sudah dapat dipastikan jika penglihatan akan terganggu di saat kondisi hujan.

Nah, oleh sebab itu Anda harus selalu merawatnya agar tidak menghalangi pemandangan ketika kondisi hujan. Wiper menggunakan karet khusus yang mana ketika bersinggungan langsung dengan kaca mobil. Maka dari itu, ketahui cara merawat wiper mobil agar awet.

Cek Kondisi Wiper

Hal yang paling penting adalah selalu menginspeksi wiper kurang lebih tiga bulan sekali. Kemudian pastikan pada permukaannya masih lentur dan mulus. Dengan demikian sudah pasti dapat dipakai mengaktifkan komponen tersebut ke kaca.

Pada umumnya, masa fungsional wiper mobil ini sekitar 6-12 bulan. Namun selain batas usia wajar pemakaian, pada rentang waktu tertentu dapat mengalami kerusakan, misalnya saja karena lapisan pecah, mulai berderit, hingga membekas di permukaan kaca kendaraan. Anda bisa mendapatkan wiper berkualitas melalui aplikasi bengkel.

Proses Pembersihan

Cara merawat wiper mobil agar lebih awet adalah dengan rutin menyeka lapisan menggunakan kertas tisu agak basah. Namun, hindari mengelap pada pinggiran karet wiper, pasalnya di bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berperan menjaga elastisitas karet wiper. Agar karet tidak menempel pada kaca mobil Anda, sebaiknya memasang stand saat membersihkannya.

Penggunaan Cairan Khusus

Anda dapat memoles karet wiper menggunakan cairan pelindung bahan karet dan cairan khusus agar lapisan pada karetnya dapat bergerak dengan mudah. Sebelumnya, baca petunjuk dan cara pemakaiannya terlebih dahulu.

Persiapkan wadah dan campurkan cairan wiper dengan air bersih. Setelah itu, bersihkan wiper mobil Anda secara perlahan. Sebaiknya merenggangkan karet wiper dari kaca untuk mengurangi kelembaban agar lebih awet.

Perhatian Poros Wiper

Jangan lewatkan cara merawat wiper mobil agar awet untuk cek bagian poros wiper. Jika sampai aus, maka dapat mengakibatkan perputaran wiper mobil menjadi kurang maksimal.

Namun, untuk mengatasinya cukup semprotkan cairan pelumas pada bagian poros secara rutin. Perawatan seperti ini akan membuat wiper Anda bekerja lebih optimal sebagaimana mestinya.

Perhatikan Semprotan Air Wiper

Sebaiknya lakukan pengecekan rutin pada cairan wiper untuk membersihkan bagian kaca mobil. Cairan ini dapat mencegah goresan pada kaca disaat wiper sedang bekerja, sehingga semprotan harus selalu terisi. Selain itu, pastikan juga semprotannya lancar dan arahnya sesuai dengan yang dikehendaki.

Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet

Cara merawat wiper agar awet jika bagian semprotan macet adalah dengan membersihkan saluran airnya. Anda bisa menggunakan jarum pentul dan menyetel ulang arah semprotan air sesuai keinginan.

Periksa Air Wiper Secara Rutin

Cara merawat wiper mobil berikutnya agar awet adalah dengan cek rutin kondisi air wiper. Jangan biarkan sampai kosong untuk mengantisipasi bila kaca mobil buram, kotor, dan membutuhkan air untuk menyapunya. Dengan demikian kondisi wiper dapat bekerja secara maksimal.

Cek Masa Kelayakan Wiper

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengecek masa kelayakan penggunaan wiper. Kemudian ketahui ciri wiper yang sudah tidak layak dipakai lagi, biasanya lebih keras dan tidak fleksibel lagi pada saat menyapu serta membersihkan kaca mobil.

Apabila wiper sudah tidak layak pakai, maka dapat mengakibatkan pemandangan buram dan meninggalkan bekas. Agar wiper seperti kelihatan baru, Anda dapat mengecat ulang pada karet maupun besisinya. Inilah cara merawat wiper mobil agar menjadi lebih awet yang dapat Anda praktekkan.

Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet & Berfungsi Optimal

Mengganti wiper secara rutin sangat penting untuk menjaga fungsionalitasnya lebih maksimal. Pastikan mengganti wiper dengan produk yang berkualitas agar awet di bengkel mobil terdekat. Agar umur wiper panjang dan tidak mudah merusak lapisan kaca depan mobil, maka pilihlah bahan silikon karet.

Lalu, jika memarkir kendaraan di lokasi yang terpapar cahaya matahari terik sebaiknya mengangkat wiper agar tidak menempel kaca dan membuatnya mudah panas. Hal ini juga berperan dalam menjaga kualitas dari kaca mobil Anda agar tidak mudah rusak.

Sifat karet wiper sangat rentan terhadap perubahan cuaca, sehingga Anda harus mengkondisikannya dalam keadaan tidak terlalu kering dan basah. Cara merawat wiper mobil agar awet sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian, kaca akan terhindar dari baret dan wiper pun memiliki usia lebih panjang.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.