Cara Mengurus Paspor Umroh

Sebagai umat muslim, siapa yang tak ingin segera memiliki kesempatan baik berangkat ke tanah suci. Baik itu umroh hingga ibadah haji. Bagi yang sudah pernah, tentu memahami segala urusan yang diperlukan sebelum keberangkatan. Bagi yang belum, berikut ini merupakan informasi tentang Cara Mengurus Paspor Umroh. Simak terus sampai selesai, ya.

Cara Mengurus Paspor Umroh
Cara Mengurus Paspor Umroh — Dirman Personal Blog

Dokumen yang perlu dipersiapkan

Sebelum melangkah untuk mengurus paspor, sebaiknya kita mengetahui dan mempersiapkan syarat dokumen penting yang akan dibutuhkan saat membuat paspor umroh nantinya. Selaras dengan ketentuan yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi di Indonesia, ada sedikit perbedaan kebutuhan persyaratan antara membuat paspor umum dengan paspor untuk umroh.

Jika sudah pernah membuat paspor umum sebelumnya

Jika saat ini sudah memiliki paspor, maka syarat lanjutan yang kemudian akan dibutuhkan, berupa :

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP),
  • Paspor lama,
  • Surat keterangan Kementerian Agama (Kemenag).

Syarat untuk mengurus Paspor Umroh Baru

Sedikit berbeda jika sebelumnya telah memiliki paspor, maka persyaratan yang akan diperlukan saat mengurus passpor baru untuk berangkat umroh adalah sebagai berikut :

  • E-KTP,
  • Kartu Keluarga,
  • Akta kelahiran/ijazah/buku nikah,
  • Surat ganti nama/ Bukti Kewarganegaraan Indonesia,
  • Surat rekomendasi dari travel umrah
  • Surat keterangan Kemenag.

2 Cara Mudah Mengurus Paspor Umroh

Setelah syarat-syarat mengurus paspor seperti disampaikan di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah langsung membuat paspor untuk kebutuhan berangkat ibadah umroh. Saat ini, tersedia 2 (dua) cara mudah. Jadi, silahkan memilih cara yang dirasa paling nyaman sesuai dengan kebutuhan, ya.

1. Mengurus paspor untuk umroh secara offline

  • Silahkan datang langsung ke kantor Imigrasi terdekat,
  • Mengisi formulir sesuai dengan yang sudah tersedia,
  • Ikuti serta tunggu proses pengesahan serta pembayaran biaya paspor umroh

2. Mengurus paspor Umroh Online

Lalu bagaimana jika ternyata kantor Imigrasi berada jauh dari tempat tinggal kita? Tidak perlu risau, karena saat ini sudah tersedia proses pendaftaran paspor secara online. Cara juga cukup mudah dan praktis, yakni sebagai berikut :

  1. Unduh aplikasi M-Paspor melalui App Store atau Google Play Store,
  2. Ikuti semua petunjuk serta persyaratan yang akan tersedia melalui aplikasi tersebut.

Cara Mengurus Paspor Umroh di Jogja

Di Yogyakarta sendiri, kita sudah tak perlu repot mengurus paspor sendiri jika sedang tak punya cukup waktu. Saat ini sudah tersedia layanan travel umroh jogja yang insyaAllah dapat diandalkan untuk membantu mendaftar dan mengurus paspor untuk kebutuhan Umroh.

Cara Mengurus Paspor Umroh di Jogja
Cara Mengurus Paspor Umroh di Jogja

Bagaimana dengan kota lainnya? Tenang.. layanan travel umroh jogja yang dimiliki oleh PT. Nur Ramadhan Wisata ini, telah membuka cabang di sebagian besar kota di Indonesia, antara lain seperti di Jakarta, Surabaya, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Medan, Makassar, Gorontalo, Lubuklinggau dan Pekanbaru.

PT. Nur Ramadhan Wisata adalah penyelenggara Haji Khusus dan Umroh yang telah mendapatkan izin operaisonal resmi dari Kementrian Agama RI.

Izin pertama sebagai PPIU (Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh) dengan No. D/373 tahun 2002 dan izin terbaru dengan No. 453 Tahun 2018. Nomor izin pertama sebagai PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) dengan No. D/222 Tahun 2004 dan izin terbaru dengan No. 400 Tahun 2016.

Video Profil PT. Nur Ramadhan Wisata

Dengan legalitas yang telah dimiliki tersebut, tentu artinya ini adalah sebuah layanan serius dan profesional sesuai dengan bidangnya. Terutama dalam hal mengurus Ibadah Umroh dan Haji. Penasaran dengan lokasi kantornya? di bawah ini adalah alamat lengkap serta peta melalui google maps :

Semoga informasi tentang cara mengurus paspor umroh ini dapat membantu sebagai referensi, ya. Dan Semoga niat baik segala amal ibadah kita termasuk salah satunya adalah umroh, dapat dimudahkan serta dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.