Hubungi Kami Silahkan Hubungi Pemilik Blog DIRMANTO.web.id

Cara Membuat Group Telegram Dari Awal

Cara Membuat Group Telegram Dari Awal Untuk Pemula. Masih dengan topik yang dalam kurun waktu 3 bulan terakhir ini sedang saya sukai, yakni, telegram. Jika pada artikel sebelumnya kami berbagi pengalaman terkait telegram bot, maka pada informasi kali ini, kita coba mencoba membuat sebuah group pada telegram. Untuk apa kita membuat telegram group? Berikut adalah beberapa manfaat yang akan dapat kita rasakan dengan memiliki grup pada aplikasi telegram.

Cara Membuat Group Telegram Dari Awal
Tampilan Pada Telegram Group DIRMANTO.web.id

Manfaat Memiliki Group pada Telegram

  • Menghemat waktu untuk menyampaikan informasi
    Telegram group memiliki beberapa fasilitas diantaranya adalah pinned message (pesan tersemat), seperti pada twitter maupun facebook, sehingga kita bisa menyampaikan informasi utama terkait group yang setiap saat bisa diakses tanpa harus menuliskan & menjelaskan ulang.
  • Menyimpan dokumentasi informasi
    Salah satu fitur lain yang dimiliki telegram adalah dengan adanya BOT (Robot), yang secara otomatis dapat kita setting untuk menyimpan informasi terkait link blog, dokumen, gambar, bahkan video. Sehingga jika suatu saat diperlukan, info atau file tersimpan dapat kita panggil ulang dengen menggunakan bot.
  • Anggota sangat banyak dengan supergroup
    Hingga tulisan ini dibuat, telegram sudah dengan versi 4.4. Dan sejak versi 4.1 yang lalu, telegram memberikan keleluasaan sebuah group dapat memiliki member hingga 10.000 member lebih, luar biasa.

Cara Membuat Group Telegram Dari Awal. Setelah kita membaca beberapa kelebihan dari telegram group, mari kita coba untuk membuatnya.

  • Download aplikasi dekstop telegram melalui halaman resminya di¬†https://desktop.telegram.org
  • Login dengan akun telegram anda
  • Pilih tanda 3 garis pada sebelah kiri atas, kemudian pilih New Group
    Cara Membuat Group Telegram Dari Awal
  • Isi kolom nama group dengan nama blog atau apa saja sesuai keinginan, kemudian pilih menu Next
    Cara Membuat Group Telegram Dari Awal
  • Pilih member/anggota group pertama yang akan anda ajak bergabung, kemudian pilih menu Create
    Invite User Group
  • Pada tahapan ini, sebuah group telegram sudah berhasil anda buat. Namun untuk lebih dapat merasakan manfaat dari telegram group yang kita miliki, disarankan untuk langsung upgrade menjadi sebuah supergroup, dengan cara :
    – Pilih menu Manage Group
    – Pilih menu Upgrade to Supergroup
    Cara Membuat Group Telegram Dari Awal
  • Pada tampilan selanjutnya, pilih opsi CONVERT
  • Selesai

Untuk selanjutnya, silahkan lengkapi tentang informasi group, link invite group dan lain sebagainya melalui menu opsi pada sebelah kanan atas, ditandai dengan 3 (tiga) buah titik.

Cara Membuat Group Telegram Dari Awal Pinned Message
Pesan tersemat sebagai informasi utama ketika ada member yang memasuki group dapat dibuat dengan cara mengetik pesan didalam group kemudian klik kanan pada pesan tersebut dan pilih Pin Message, maka hasilnya pesan tersebut akan tersemat pada bagian atas (header) group kita.
Cara Membuat Group Telegram Dari Awal

Group pada telegram, bisa kita seting sebagai private group atau publik group, tentunya ini dapat disesuaikan untuk kebutuhan. Jika masih ada pertanyaan terkait pembuatan group telegram, silahkan bergabung pada group kami dengan nama usergroup @dirmantowebid atau dapat diakses melalui alamat https://s.id/dirmanto.

Semoga dapat menjadi manfaat.

Tinggalkan Kebaikan