Cara Kredit Mobil Murah dengan Penghasilan di Bawah 5 Juta

Pada saat mengajukan permohonan kredit mobil murah, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah berpenghasilan tetap. Namun, bukan berarti gaji berapapun bisa langsung kredit mobil. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan membaca Cara Kredit Mobil Murah dengan Penghasilan di Bawah 5 Juta ini sampai selesai, ya.

Cara Kredit Mobil Murah dengan Penghasilan di Bawah 5 Juta
Cara Kredit Mobil Murah dengan Penghasilan di Bawah 5 Juta

Dari pihak leasing atau penyedia kredit sendiri tentu sudah bisa memproyeksikan kemampuan bayar Anda dari slip gaji yang tertera. Tentunya dengan melihat total angsuran kredit yang harus Anda bayarkan per bulannya.

Anda sendiri, harus memiliki perhitungan yang matang sebelum memutuskan kredit mobil. Salah satunya dengan mempertimbangkan, gaji berapa untuk beli mobil. Baik secara kredit maupun tunai.

Namun, kali ini kami akan membahas tips membeli mobil secara kredit dengan gaji di bawah 5 juta. Apakah bisa? Tentu bisa, jika Anda mencoba beberapa cara yang kami rangkum berikut ini untuk Anda.

Tips Sukses Kredit Mobil Murah dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Pada saat Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, tentu sudah melalui proses survey harga, DP juga syarat-syarat pengajuan kreditnya.

Dengan berbagai informasi terkait kredit mobil murah yang sudah Anda kantongi, maka akan lebih mudah untuk menjalankan cara cerdas beli mobil.

Hal ini akan sangat bermanfaat jika gaji atau penghasilan Anda berada di level menengah, seperti di bawah angka 5 juta rupiah misalnya.

Bagaimana cara kredit mobil dengan gaji di bawah 5 juta tanpa mengganggu anggaran kebutuhan lainnya? Yuk, kita simak tipsnya!

1. Pahami Skema Kredit

Hal pertama sebelum memutuskan untuk kredit adalah memahami secara keseluruhan skema kredit dari pihak leasing dan regulasi dari pemerintah.

Tujuannya agar Anda bisa menentukan skema yang paling ringan dan mampu Anda jalankan untuk beberapa tahun ke depan.

Penyedia kredit biasanya akan memberikan simulasi kredit beserta perhitungan kasarnya. Namun, akan lebih baik jika Anda juga update regulasi pemerintah terkait kredit pemilikan kendaraan bermotor ini.

1. Buat Rincian Tanggungan

Membeli mobil secara kredit, artinya Anda menambah tanggungan hutang per bulan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan hal ini harus benar-benar paham apa saja tanggungan Anda saat ini.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghitung sisa gaji yang sekiranya bisa dialokasikan untuk kredit mobil. Idealnya, cicilan tidak lebih dari 30% atas penghasilan Anda.

Apabila gaji 5 juta, maka maksimal cicilan per bulan senilai 1,5 juta rupiah. Dengan begitu, kebutuhan lain masih bisa terpenuhi dan juga ada sisa untuk dana darurat atau tabungan.

3. Menabung

Setelah memahami apa saja tanggungan Anda dan paham juga mengenai skema kredit dari penyedia kredit, saatnya mempersiapkan uang muka.

Dari simulasi kredit yang diberikan, Anda tentu bisa memperkirakan besaran DP yang diperlukan, agar angsuran sesuai kemampuan.

Umumnya DP antara 25-40% harga mobil, tetapi untuk angsuran yang lebih ringan tentu DP harus lebih besar. Jangan justru fokus mengejar DP ringan, lantas mobil cicilan 4 juta per bulan menambah beban yang kian memberatkan.

Terlebih pihak leasing tentu juga akan sulit menerima pengajuan kredit Anda jika gaji maksimal 5 juta atau bahkan di bawahnya tetapi cicilan menyentuh angka 4 juta. Sangat memberatkan dan tidak masuk akal pastinya. Jadi, silahkan Anda menabung untuk uang muka setidaknya 40% dari harga mobil yang akan dikredit.

4. Mobil LCGC

Tidak perlu memaksakan diri untuk kredit jenis mobil terbaru atau merek yang tengah naik daun dan bergengsi. Fokus pada manfaatnya dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Dengan gaji 5 juta ke bawah, jenis mobil LCGC (Low Cost Green Car) adalah pilihan terbaik. Harga yang berada di kisaran 150 jutaan, masih berada dalam jangkauan.

Bentuknya yang mungil juga sangat cocok untuk karyawan di perkotaan yang membutuhkan fleksibilitas dalam mobilitas. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menabung untuk upgrade kendaraan.

5. Tidak Menambah Hutang

Tips Sukses Kredit Mobil Murah dengan Gaji di Bawah 5 Juta
Tips Sukses Kredit Mobil Murah dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Sebelum memutuskan untuk kredit, Anda sudah merinci seluruh tanggungan yang ada. Baru setelah itu fokus menabung uang muka.

Tujuan utamanya adalah agar selama belum memiliki tanggungan kredit Anda bisa menyelesaikan tanggungan dengan nominal besar.

Begitu tanggungan atau hutang dalam nominal besar per bulannya selesai dan DP sudah terkumpul, baru Anda bisa mengajukan kredit mobil murah.

Dengan begitu Anda hanya memiliki satu tanggungan besar, yakni cicilan mobil. Oleh sebab itu, setelah pengajuan kredit disetujui usahakan tidak menambah hutang atau tanggungan besar lain lagi.

Sekali lagi kami ingatkan, idealnya cicilan per bulan maksimal 30% dari pendapatan. Ini juga salah satu syarat kredit mobil murah yang harus Anda penuhi, agar pengajuan disetujui.

Pihak penyedia kredit akan menjadikan jumlah tanggungan sebagai salah satu aspek penilaian skor kredit Anda. Dari situ dapat dinilai kelayakan dan kemampuan bayar Anda kedepannya.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, bukan hal yang mustahil bagi Anda untuk memiliki mobil meski berpenghasilan di bawah 5 juta.

Alasannya tentu karena, pengeluaran masih sesuai atau sebanding dengan pendapatan. Salah satu kunci agar bisa menerapkan skema kredit yang tidak memberatkan adalah pemilihan leasing kredit mobil murah yang tepat.

Salah satu yang terpercaya, aman, mudah persyaratannya, cepat prosesnya dan rendah bunganya ialah di https://www.maybankfinance.co.id/.

Di sini Anda bisa mendapatkan pembiayaan mobil bekas maupun baru dengan suku bunga yang bersaing dengan leasing ataupun bank lainnya.

Syarat-syarat kredit sangat mudah dan proses untuk approval hanya butuh satu hari kerja. Jadi, jangan pilih lainnya langsung ke Maybank Finance saja untuk kredit mobil mudah dan murah, serta tidak memberatkan Anda.

Sumber Referensi Artikel
  • https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanoto/gaji-rp-5-juta-mau-nyicil-mobil-ini-aturan-mainnya-1540813315316914548
  • https://blog.principal.co.id/id/trik-jitu-membeli-mobil-dengan-gaji-di-bawah-5-juta
  • https://lifepal.co.id/media/4-pilihan-mobil-murah-buat-kamu-yang-gajinya-rp-5-juta/
  • https://www.maybankfinance.co.id/

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.