Beberapa Cara Mudah Merawat Mobil Matic

Benar, memiliki Mobil Matic memang menyenangkan, namun harus tetap terjaga perawatanya, ya. Berikut merupakan artikel tentang Beberapa Cara Mudah Merawat Mobil Matic. Mobil jenis matik memiliki kemudahan perseneling yang bisa berpindah secara otomatis. Tanpa harus menginjak kopling terlebih dahulu. Serta memiliki banyak kelebihan, beberapa diantaranya adalah :

Mobil matic memiliki fitur-fitur terbaru

Yap, mobil matic tergolong baru atau muda. Jadi sudah semestinya memiliki fitur-fitur terbarunya dan kecanggihan yang dimiliki mobil matic. Bisa kita rasakan dengan mudah.

Mobil matic mudah digunakan

Memang sudah dirancang untuk mudah digunakan, perseneling yang bisa berpindah secara otomatis. Akan mempermudah pengemudi dan bisa tetap fokus pada stir saja saat berkendara. Sebelum mulai mengendarai mobil matic. Kita harus memahami hal berikut ini.

  • Yang Pertama kali adalah memahami dan menghafal letak gigi pada mobil matic.
  • Kedua hafalkan fitur di tuas transmisi Pada umumnya ada barisan kombinasi huruf dan juga angka seperti P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-) yang ada pada tuas mobil matic.
  • Ketiga, memahami posisi gigi saat mobil matic kota berhenti untuk berpartisipasi. Saat kita berkendara dengan kecepatan yang normal. Gunakan D atau drive yang merupakan ritme mesin terbaik.
  • Jangan lupa menginjak pedal Rem saat menggeser tuas dari posisi diam. Dan juga saat kita ingin menghidupkan mesin mobil untuk berkendara. Transmisi juga akan bekerja secara maksimal saat kita memilih posisi D. mengemudi dengan putaran mesin yang optimal untuk memaksimalkan tenaga pada mobil matic kita. Dan Membantu meningkatkan kecepatan pada mobil menjadi lebih tinggi.
  • fungsi tombol OD pada mobil matic sama juga dengan menggeser tuas dari posisi 4 ke posisi 3 pada mobil manual. Gunakan kecepatan di atas standar saat ingin mendahului mobil di depan dan berjalan di jalur kanan.
  • Transmisi D pada mobil matic tidak bisa digunakan untuk semua situasi seperti jalan yang naik dan turun. Hanya bisa di gunakan untuk jalan yang landai dan rata saja.
Beberapa Cara Mudah Merawat Mobil Matic
Beberapa Cara Mudah Merawat Mobil Matic

Saat menggunakan transmisi D saat berkendara dengan mobil matic. Yang ada bahan bakar yang kita miliki akan cepat terkuras habis. Belum sampai tujuan mobil mogok karena kehabisan bensin? Jangan sampai kita ada di situasi itu.

Sebagai solusi gunakan transmisi L atau D1-D2 di sesuaikan dengan kecuraman jalan yang kita lalui. Posisi transmisi L , D1 dan D2 pada mobil matic transmisi yang aman untuk melintasi jalan menurun atau menanjak karena merupakan gigi rendah.

Mobil matic yang memiliki sistem komputer yang akan memindahkan secara otomatis gigi mobil matik sesuai dengan kecepatan kendaraan dan putaran mesin saat berkendara.

CARA MUDAH MERAWAT MOBIL MATIC

Penggunaan mobil matic di Indonesia apalagi di kota besar semakin meningkat, keunggulan dan fitur-fitur paling canggih yang dimiliki mobil matic menjadi pesona yang luar biasa, memikat pembeli untuk memiliki mobil matic, lantas bagaimana cara kita untuk merawat dan menjaga mobil matic dengan mudah?

  1. Panaskan mesin mobil sebelum digunakan. Ini berlaku untuk mobil matic dan juga manual.
  2. Ganti Oli Mesin Secara rutin. Jangan lupa juga untuk mengganti oli pada bagian transmisi.
  3. Kondisi valve juga harus diperhatikan agar tidak ada kebocoran. Kebocoran yang terjadi pada valve akan sangat mengganggu kita saat berkendara. Karena itulah penting mengecek kondisi mobil kita.
  4. Melakukan servis secara rutin dan berkala dan tune up.
  5. Jangan menginjak gas secara tiba-tiba. Untuk menghindari kerusakan pada katup katup solenoid rusak. Kerusakan katup ini disebabkan karena adanya perubahan oli ke converter toris yang tidak sempurna.
  6. Kuras habis oli transmisi jika mobil terendam banjir. Mobil matic, yang terkena banjir bisa berbuntut pada kerusakan komponen yang lebih fatal. Saat mobil matic terendam banjir, mengeringkan busi, karburator, dinamo, filter AC. Tanpa menunggu lama. Jangan lupa juga langsung menguras oli transmisi dan langsung menggantinya dengan oli yang baru.
  7. Transmisi Mobil Matic, Cara merawat mobil matic selanjutnya adalah transmisi mobil matic tersebut. Pastikan kita mengetahui riwayat mobil keseluruhan dari awal sampai saat ini. Sekalipun membelinya dalam keadaan baru. Untuk mencegah kerusakan pada transmisi mobil kita. Lakukan dua cara ini.
  8. Ganti oli transmisi secara rutin.
  9. Gunakan persneling dengan tepat.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan sendiri dengan mudah untuk cara merawat mobil matic. Namun untuk lebih pasti dan yakin kita juga bisa menggunakan jasa bengkel dan salon mobil terbaik.

Beberapa Cara Mudah Merawat Mobil Matic

Bilamana perlu, jadikan merawat mobil matik kesayangan menjadi salah satu gaya hidup. Upayakan untuk mendapatkan pelayanan dan servis mobil matic berkualitas. Karena di bengkel dan salon mobil yang memiliki peralatan lengkap untuk memperbaiki dan melakukan perawatan pada mobil matic.

Sekalipun mobil matic memiliki banyak kelebihan, namun mobil ini sangat rewel dan harus dirawat dengan benar, jika tidak, kerusakan yang terjadi diakibatkan hal kecil akan jadi sangat serius. Sebaiknya memilih bengkel mobil matic terbaik dan berkualitas untuk mobil kesayangan kita.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.