Aset Properti Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Pensiun

Aset Properti Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Pensiun. Bagi sebagian orang, mungkin lebih suka menyebutnya sebagai masa berakhirnya rutinitas bekerja. Bukan berarti tidak lagi memiliki waktu produktif seperti saat muda.

Aset Properti Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Pensiun
– Aset Properti Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Pensiun –

Namun pada saat tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa kemampuan (terutama fisik), sudah mulai berkurang. Sehingga, beberapa aktivitas memang sudah mulai perlu disesuaikan.

di Indonesia sendiri, usia pensiun sudah ditentukan mulai dari 50 hingga 65 tahun. Itu artinya, jika anda memiliki profesi sebagai pegawai, maka bersiaplah untuk kemungkinan berhenti bekerja pada usia tersebut.

Berapa usia Anda saat ini? Berapapun usianya, sebaiknya memang sudah mulai sejak dini mempersiapkan rencana kelayakan hidup serta investasi seperti apa yang perlu kita siapkan saat masa pensiun nanti, tak terkecuali aset properti.

Aset Properti Penting Saat Pensiun

Kita semua setuju, bahwa istilah pensiun ini sebenarnya tidak melulu melekat pada seorang pekerja/pegawai negeri saja. Bagi seorang pengusaha atau pemilik bisnis, masa pensiun ini bisa berarti juga masa tua.

Karena itu, ada 2 (dua) Aset Properti Penting yang sekiranya perlu menjadi perencanaan khusus sebagai investasi. Kedua investasi tersebut, adalah :

1. Aset Properti Pribadi Non Bisnis

Apalagi jika Anda memiliki keluarga besar. Tentu sebuah hunian yang kelak dapat dipergunakan sebagai tempat berkumpul bersama pada momen khusus, akan menjadi sebuah kebutuhan.

Dulu, kebanyakan orang mungkin berencana untuk membangun sebuah hunian keluarga di lokasi yang jauh dari kota. Seperti pegunungan, dekat pantai maupun lokasi pedesaan. Namun bagi sebagian orang yang dalam kesehariannya sudah terbiasa hidup di era milenial, mungkin akan sedikit berbeda.

Citra Maja Raya - Garden House
Citra Maja Raya – Garden House

Seperti misalnya memiliki rencana untuk memiliki rumah keluarga yang justeru berada di jantung kota bahkan pusat industri. Beberapa pertimbangannya bisa saja agar memudahkan anak serta cucunya nanti untuk berkunjung atau bisa saja masih ingin tetap produktif walaupun masa senja telah tiba mendera.

Tak heran, jika beberapa pengusaha justeru mempersiapkan aset properti berupa rumah keluarga di tempat yang memiliki konsep sebagai kota mandiri yang memiliki fasilitas transit-development oriented (TOD) untuk kecepatan akses transportasi, misalnya.

Seperti yang ditawarkan oleh Citra Maja Raya yang seluruh cluster huniannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas esensial modern, seperti : stasiun KRL dan internal transportation, eco park, kemudahan menjangkau layanan fasilitas umum dan pendidikan serta berbagai fitur premium yang menjadi dambaan setiap orang.

Bahkan tersedia area khusus sebagai fasilitas olahraga dengan suasana yang asri. Jadi, keinginan untuk menikmati masa pensiun di tempat yang masih alami, sepertinya akan terpenuhi, ya?

2. Aset Properti Bisnis Produktif

Pernah mendengar istilah Post power syndrome? Ini biasanya sering kita dengar dialami oleh seorang pegawai saat menjalani masa purnabakti. Lebih ke kondisi psikis, di mana seseorang kemungkinan mengalami kesulitan pada saat masa transisi yang disebabkan oleh kehilangan kebiasaan tertentu, seperti salah satunya adalah rutinitas bekerja.

Ini bukan masalah sepele, tidak sedikit yang kemudian mengalami stress berkepanjangan, bahkan mendekati gangguan jiwa. Jadi, tidak berlebihan jika kita mempersiapkan Aset Properti berupa Bisnis Produktif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Contoh umum yang sering kita temukan seperti misalnya : mempersiapkan sebuah warung untuk aktivitas produktif sehari-hari saat menjalani masa pensiun, atau bisa saja dalam bentuk yang lebih besar, seperti membangun aset bisnis properti berupa rumah sewa. Bisa berupa rumah kontrakan, apartemen maupun kos-kosan.

Selain dapat membantu terhindar dari kemungkinan post power syndrome, memiliki aset properti dengan konsep bisnis produktif tentu akan menjadi harta tambahan yang dapat dipergunakan untuk jaminan hidup di masa tua. Bahkan, bisa juga menjadi investasi jangka panjang untuk seluruh keluarga tercinta.

Sudah Punya Aset Properti Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Pensiun Nanti?

Nah, sudah mempersiapkan aset properti jenis apa untuk masa pensiun nanti? Setiap orang, termasuk Anda, sudah pasti memiliki rencana yang luar biasa.

Apapun itu, semoga diberikan jalan kemudahan dalam mempersiapkan hingga mewujudkan rencana aset properti yang akan dimiliki saat menjelang masa tua nanti, ya.

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.