Apakah Operasi Caesar Ditanggung Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan akan membantu meringankan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi. Pertanyaannya kini, apakah operasi caesar atau sectio caesarean (c-section) dapat ditanggung asuransi kesehatan?

Untuk mengetahuinya, tentu saja penting bagi Anda cek rekomendasi asuransi kesehatan dengan manfaat tersebut. Sebab, prosedur medis & biaya operasi caesar atau sectio caesarean (c-section) lebih mahal di bandingkan persalinan normal.

Apakah Operasi Caesar Ditanggung Asuransi Kesehatan?
Gambar Ilustrasi Saat Operasi Medis

Itulah mengapa penting untuk Anda memiliki asuransi melahirkan, khususnya yang menanggung c-section. Pasalnya, Anda bisa mendapat coverage dari polis asuransi melahirkan, mulai dari proses persalinan, biaya rawat inap, pascamelahirkan dan tindakan medis lain.

Nah, buat Anda yang ingin mengetahui mengenai operasi caesar dan penjelasan mengenai tindakan ini di-cover asuransi atau tidak, mari simak selengkapnya dalam pemaparan berikut.

Mengapa Harus Operasi Caesar dan Berapa Biayanya?

Operasi caesar (c-section) merupakan tindakan yang dipilih dokter kandungan untuk menyelamatkan ibu dan bayi jika sang ibu memiliki masalah kehamilan atau komplikasi. Tindakan medis ini harus dilakukan dengan membuat celah sayatan pada perut ibu hamil.

Tentu saja Anda harus menyiapkan dana tidak sedikit saat melakukan prosedur satu ini, yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Meski begitu, total biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari rumah sakit yang dipilih karena setiap tindakannya di rumah sakit satu berbeda dengan yang lain.

Metode caesar umumnya dilakukan cukup cepat, yaitu memakan waktu sekitar 25-60 menit. Meski begitu, durasi tersebut akan berbeda-beda bagi setiap ibu, tergantung tingkat kesulitan dan kondisi pasien.

Setelah menjalani c-section, biasanya ibu hamil akan dianjurkan menjalani proses pemulihan yang umumnya sedikit lebih lama di bandingkan mereka yang melahirkan secara normal. Pemulihan pascaoperasi caesar biasanya dilakukan selama kurang lebih 3-5 hari dan waktu sekitar satu bulan untuk pulih total.

Biaya tindakan operasi caesar di rumah sakit di Indonesia mulai dari Rp11 juta sampai Rp50 juta. Biaya itu dapat berubah sesuai kebijakan masing-masing rumah sakit.

Rekomendasi Asuransi untuk Caesar

Berikut ini adalah beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk operasi caesar.

1. Asuransi Caesar dari Allianz

Produk asuransi melahirkan dari Allianz berada dalam fitur SmartHealth Maxi Violet. Produk ini menawarkan pertanggungan hingga 70 tahun, dengan pembayaran premi bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan untuk calon ibu.

Meski menawarkan manfaat yang banyak, produk ini memiliki masa tunggu. Selain itu, pemegang polis tidak boleh berusia di bawah 16 tahun atau lebih dari 45 tahun, tidak mengalami masalah kehamilan seperti muntah hebat, keracunan, kejang-kejang serta komplikasi kehamilan lainnya.

2. Asuransi Caesar dari Manulife

Asuransi kesehatan Manulife dengan produk MiUltimate HealthCare menawarkan produk asuransi caesar dengan membeli asuransi tambahan (rider) khusus melahirkan. Dengan memiliki rider tersebut, Anda bisa mendapatkan penggantian biaya proses melahirkan untuk pemegang polis maupun istri karyawan yang terdaftar.

Tak hanya untuk melahirkan dengan proses pembedahan atau caesar saja, pemegang polis juga bisa memperoleh biaya rawat inap apabila terjadi komplikasi serta rawat jalan selama masa kehamilan. Adapun usia pendaftaran dimulai dari 20 hingga 43 tahun dengan tanggungan hingga 45 tahun.

3. Asuransi Caesar dari Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth juga menawarkan tanggungan untuk proses persalinan dalam produk Indemnity bagi calon ibu. Mulai dari masa hamil, melahirkan, pascapersalinan hingga jika terjadi keguguran.

Adapun nilai coverage yang diberikan mencapai Rp30 juta. Selain itu, produk rider atau tambahan ini juga cocok untuk karyawan dalam sebuah perusahaan hingga 250 orang.

4. Asuransi Caesar dari BNI Life

Pemegang polis asuransi BNI Life juga memiliki produk Optima Cash Plan yang memberikan coverage perlindungan melahirkan secara caesar dengan cakupan manfaat mulai dari Rp100 ribu hingga Rp2 juta per hari. Meski begitu, produk ini juga memiliki masa tunggu untuk proses kehamilan.

Calon ibu yang ingin menjalani prosedur persalinan secara caesar bisa mendapatkan manfaat dengan klaim sebesar kuitansi biaya melahirkan. Adapun kriteria usianya mulai dari 17 sampai 55 tahun.

Jawaban Apakah Operasi Caesar Ditanggung Asuransi Kesehatan?

Itulah penjelasan mengenai operasi caesar apakah ditanggung asuransi kesehatan dan produk apa saja yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat!

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 1

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *