Apa Saja Peralatan Masak untuk Berkemah di Gunung?

Salah satu perlengkapan yang wajib dibawa ketika berkemah di gunung adalah peralatan masak. Alat-alat ini akan sangat membantu Anda agar bisa nyaman berkemah tanpa rasa lapar dan kedinginan. Nah, Apa Saja Peralatan Masak untuk Berkemah di Gunung? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa Saja Peralatan Masak untuk Berkemah di Gunung?
Ilustrasi Saat Berkemah di puncak Gunung

Kompor Portable

Kompor portable terdiri dari beberapa bentuk mulai dari yang besar, hingga yang kecil. Sebaiknya pilihlah kompor lapangan yang kecil agar bisa menghemat bawaan.

Dengan memiliki kompor ini, Anda bisa memasak dan menghangatkan makanan apapun, baik yang instan maupun yang tidak. Nah, makanan khas Padang adalah jenis masakan yang cocok untuk dibawa saat berkemah. Misalnya seperti rendang kering dan dendeng balado. Makanan ini awet dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Gas Kaleng

Gas kaleng adalah benda yang wajib dibawa jika Anda menggunakan kompor portable. Gas kecil seperti ini bisa Anda dapatkan di mini market terdekat. Walau harganya cukup murah, tetapi kemampuannya cukup baik jika durasi memasak Anda tidak terlalu lama.

Jangan lupa, jika gasnya habis, kaleng kosongnya dibawa lagi turun gunung agar tidak menjadi sampah yang merusak lingkungan.

Nesting atau Cooking set

Nesting adalah sejenis alat masak yang biasa digunakan pada pendaki zaman dahulu. Mereka memasak nasi, sayur, dan lauk pauk di dalam nesting. Seiring dengan perubahan zaman, kini nesting telah digantikan oleh cooking set aluminum yang secara bobot jauh lebih ringan. Isinya pun lebih lengkap, terdiri dari pan, panci, spatula, dan mangkuk.

Pisau Lipat

Pisau lipat bisa dikatakan sebagai benda wajib para pendaki gunung. Pisau lipat ini dapat digunakan untuk memotong ranting, tali, hingga bahan masakan. Biasanya dalam pisau lipat terdapat beberapa jenis pisau untuk berbagai kegunaan.

Tak hanya aneka benda tajam saja, di dalam pisau lipat juga memiliki sendok, garpu, pembuka botol, gunting, penggaris, tang, hingga kaca pembesar.

Piring dan Gelas

Jika kamu berkemah sendiri, tidak ada masalah jika makan langsung dari cooking set. Tetapi jika berkemah dengan beberapa teman, sebaiknya bawalah piring dan gelas plastik agar bisa berbagi makanan.

Kini sudah banyak dijual piring, mangkuk, dan gelas yang collapsible alias bisa ditekan hingga menyerupai lempengan. Jadi jauh lebih menghemat ruang di dalam backpack dan meringankan bawaan.

Korek gas / Lighter

Meski Anda tidak merokok, membawa korek gas cukup penting untuk membuat api. Kompor portable memang bisa memantik api sendiri. Tetapi jika suatu saat sedang ngadat, korek api bisa diandalkan. Korek ini juga bisa digunakan ketika Anda ingin membuat api unggun agar malam di gunung terasa hangat.

Apa Saja Peralatan Masak untuk Berkemah di Gunung? serta Bagaimana Mendapatkannya?

Peralatan tersebut dapat Anda temukan pada toko yang menjual segala peralatan hiking dan kemah. Nah, gunung manakah yang ingin Anda daki? Apakah Gunung Pangrango dan Gunung Gede di Bogor atau beberapa gunung dekat Candi Borobudur di Magelang? Manapun pilihan Anda, jangan lupa bawa peralatan masak, ya!

Selamat menikmati pengalaman menarik dengan cara berkemah di gunung bersama teman atau keluarga Anda.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *