Apa Itu Polis Asuransi Mobil? Ini Fungsi dan Contohnya

macam asuransi mobil - Apa Itu Polis Asuransi Mobil? Ini Fungsi dan Contohnya
Apa Itu Polis Asuransi Mobil? Ini Fungsi dan Contohnya – sumber gambar: okaysmartips.com

Secara garis besar, polis asuransi mobil adalah sebuah jaminan untuk memproteksi kendaraan dari berbagai risiko kerugian yang diakibatkan kerusakan atau kehilangan. Sebagai gantinya, nasabah wajib membayarkan sejumlah premi secara berkala sebagaimana ketentuan yang ditulis dalam polis. Lalu, apa sebenarnya polis asuransi mobil itu?

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Polis Asuransi Mobil

Mengenal Lebih Jauh Polis Asuransi Mobil - macam asuransi mobil
Mengenal Lebih Jauh Polis Asuransi Mobil – sumber gambar: expratriation-ellemagne.com

Asuransi mobil bisa diartikan sebagai jenis perlindungan yang menawarkan ganti rugi saat kendaraan mengalami kerugian, baik untuk kerusakan maupun kehilangan. Selain mengganti rugi, asuransi juga menjanjikan manfaat tambahan lain berupa penggantian atas kerusakan yang disebabkan banjir, kerusuhan, hingga bencana alam.

Polis asuransi juga merujuk pada dokumen legal yang akan mengikat pemegang polis, alias nasabah, dan perusahaan asuransi dalam 1 perjanjian tertulis. Pada perjanjian tersebut, terdapat beberapa hal yang wajib ditaati oleh kedua pihak terkait persyaratan, hak, serta kewajiban masing-masing pihak dan prinsip kerja asuransi yang digunakan.

Ketika seseorang membeli produk asuransi mobil, mereka akan mendapat nomor polis berupa kode unik sebagai identitas yang menunjukkan bahwa pemegang polis benar-benar terdaftar sebagai nasabah asuransi secara sah dan legal. Dengan demikian, tidak ada alasan nasabah tidak mendapat ganti rugi atas kerugian kendaraannya selama polis masih berlaku.

Fungsi Polis Asuransi Mobil

Fungsi Polis Asuransi Mobil - macam asuransi mobil
Fungsi Polis Asuransi Mobil – sumber gambar: anidjarlevine.com

Polis asuransi mobil mempunyai fungsi yang beragam bagi pemegang polis dan penerbitnya, diantaranya adalah :

1. Bagi Pemegang Polis (Tertanggung)
  1. Sebagai bukti pembayaran premi yang telah dibebankan pihak penerbit asuransi mobil kepada nasabah.
  2. Menjadi bukti otentik untuk menuntut pihak perusahaan asuransi apabila terjadi kelalaian pada saat memenuhi jaminan yang menjadi hak tertanggung.
  3. Sebagai bukti tertulis untuk jaminan pertanggungan atas berbagai risiko berikut penggantian kerugian yang berpotensi terjadi pada tertanggung sebagaimana ditulis dalam polis.
2. Bagi Penerbit Polis (Penanggung)
  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan yang bakal dilimpahkan pada tertanggung.
  • Menjadi bukti tanda terima untuk premi yang dibayarkan pihak tertanggung.
  • Menjadi bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim yang diminta nasabah, utamanya jika klaim tidak memenuhi syarat polis yang disepakati.

Contoh Polis Asuransi Mobil

Macam Asuransi Mobil
Contoh Polis Asuransi Mobil – sumber gambar: outlookmoney.com

Secara umum, ada 2 macam asuransi mobil yang ada di Indonesia. Agar lebih jelas, berikut merupakan contoh polis dari masing-masing jenis asuransi mobil :

1. Contoh Polis Asuransi Total Risk Only (TLO)

Menurut standar terbitan AAUI, polis asuransi TLO hanya dapat memberikan penggantian jika kerugian yang dialami nasabah setidaknya bernilai 75% dari total nilai kendaraan yang diasuransikan. Lebih jauh, polis TLO dapat dikategorikan dalam 2 bagian, yakni Actual Total Loss dan Constructive Total Loss.

Diketahui, Actual Total Loss merupakan penggantian atas kendaraan yang hilang akibat tindak pencurian. Sementara Constructive Total Loss Mengacu pada kerusakan akibat sebuah peristiwa yang terjamin dalam polis. Sehingga biaya penggantian, perbaikan, atau pemulihan ke keadaan semula akan diganti asalkan nilai kerusakannya sama atau lebih tinggi dari 75% nominal kendaraan.

2. Contoh Polis Asuransi All Risk

Dalam polis asuransi mobil all risk, setiap kerusakan baik itu bersifat total maupun parsial akan dijamin oleh perusahaan asuransi. Artinya, penerbit akan menjamin kerugian mobil meski jika nilainya kurang dari 75% nominal kendaraan.

Bahkan, pada kasus mobil lecet sedikit saja, nasabah tetap bisa mengajukan klaim dan mendapat uang penggantian untuk perbaikan mobil. Menariknya lagi, saat mobil dinyatakan hilang perusahaan dapat memberikan penggantian unit baru apabila memenuhi persyaratan yang tercantum dalam polis.

Itulah informasi yang bisa Anda simak tentang polis asuransi mobil. Dapat disimpulkan, polis asuransi mobil adalah bentuk jaminan bagi nasabah yang diperoleh dari penerbit asuransi.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *