Temukan bantuan layanan hosting diskon gratis domain di sini
Publikasikan Bisnis AndaTampil di seluruh halaman. Harga mulai Rp 225.000,-

Anies Baswedan Ingin Buruh Hidup Layak Sejahtera

Pasang Iklan Banner di Blog ukuran 1200x375

Memang tak mudah menjadi pemimpin, apalagi memimpin sebuah ibu kota negara. Selain akan menjadi sorotan, juga boleh jadi akan dijadikan contoh bagi kota-kota lain disekitarnya hingga ke seluruh pelosok negeri. Termasuk salah satunya adalah perihal mewujudkan kesejahteraan hidup para pekerja. Ini dia beberapa bukti nyata bahwa Anies Baswedan Ingin Buruh Hidup Layak Sejahtera, dimulai dari Jakarta, hingga seluruh Indonesia.

Kesejahteraan adalah bukti berhasilnya sebuah kepemimpinan

Ada yang pro, ada juga yang kontra. Itu sudah biasa. Namun paling tidak sebuah niat baik sebagai bukti jiwa pemimpin yang membela kepentingan rakyat harus tetap menjadi ikhtiar yang selalu diutamakan. Itulah sepertinya yang ingin Anies Baswedan lakukan untuk rakyatnya yang memiliki profesi sebagai pekerja harian, terutama buruh.

Dan seperti yang telah kita ketahui bersama, seorang akademisi, aktivis sosial, dan politisi Indonesia, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. yang lahir pada 7 Mei 1969 ini berhasil mewujudkan keinginannya terkait kesejahteraan bagi para buruh dan pekerja saat kepemimpinannya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan Ingin Buruh Hidup Layak Sejahtera

1. Kenaikan UMP Buruh di Jakarta

Seperti yang dilansir banyak media, Anies Baswedan bahkan hingga dua kali memenuhi tuntutan para buruh terkait Upah Minimum Provinsi. Pada tahun 2022 yang lalu saja, Anies menetapkan UMP naik sebesar 0,8 persen melalui keputusan Gubernur nomor 1395 tahun 2021. Di mana angka kenaikan tersebut sesuai dengan formula yang telah diatur dalam PP nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

Hingga akhirnya dilakukan revisi naik menjadi 5,1 persen melalui Keputusan Gubernur nomor 1517 tahun 2021 dengan nilai kenaikan UMP sebesar Rp 225.667,00 menjadi Rp 4.641.854,00.

Proses perjalanan kenaikan UMP tersebut bukan berarti tanpa halangan. Bahkan menuai protes dari para pelaku usaha yang akhirnya mengajukan gugatan resmi melalui PTUN. Namun seperti disampaikan di atas, perjuangan yang dilandasi oleh semangat untuk kepentingan kesejahteraan memang tak mudah. Walaupun demikian, Anies Baswedan tetap istiqomah untuk mewujudkan keinginan yang dilandasi atas dasar asas keadilan bagi para pekerja, perusahaan dan juga Pemprov DKI Jakarta secara merata.

2. Kebijakan Anies Baswedan untuk Buruh

Tak hanya melulu terkait perihal UMP, berikut merupakan kebijakan lain Anies Baswedan selama periode jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta:

  • Memberikan kartu pekerja bagi 44.926 penerima dengan manfaat Rp 600.000,00 hingga Rp 800.000,00 per bulan serta fasilitas gratis menggunakan moda transportasi Transjakarta.
  • Pemberian kartu pangan kepada buruh agar dapat mengakses bahan pokok bersubsidi, sehingga biaya hidup para buruh menjadi lebih ringan.

Itulah bukti bahwa Anies Baswedan Ingin Buruh Hidup Layak Sejahtera

Sebagai warga Jakarta, tentu hal tersebut merupakan indikasi baik. Tak hanya buruh atau pekerja lainnya, siapapun dan di manapun dengan profesi apapun tentu ingin memiliki kehidupan layak dan sejahtera. Bagaimana dengan pembaca blog ini, apakah juga demikian? Semoga hal baik ini bisa “menular” juga ke provinsi lain di seluruh pelosok negeri kita tercinta Indonesia, nantinya.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 1

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Galang Solidaritas Mengembangkan Usaha di Tempat Baru
Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *