Desain Web Agen Properti
Bagikan Blogmu!Kamu punya Blog? Kami ingin membacanya bersama-sama.

Aman dari Spam Bersama reCAPTCHA

Aman dari Spam Bersama reCAPTCHA. Adalah pengalaman pertama setelah beberapa waktu mengelola personal blog. Tidak seperti biasanya, hampir setiap hari dipenuhi oleh komentar spam pada beberapa posting blog. Bukan nilai yang sedikit, sekitar 300 hingga 500 spam comment!.

Entah ada hubungan atau tidak, namun peristiwa dibrondong spammer pada halaman komentar ini terjadi sejak blog tidak menggunakan plugin jetpack, padahal sebelumnya tidak. Apakah karena jetpack memang integrasi dengan plugin akismet? entahlah..

Mau tidak mau, akhirnya harus mencari solusi (mudah) agar bagaimana cara meminimalkan spam, bahkan kalau bisa sama sekali tidak “terjangkit” penyakit ini, karena lumayan risih melihat kolom pending komentar yang berisi spam. Sayangnya tidak sempat screen shoot, kalau sempat, pasti ikutan risih melihatnya 🙂

Aman dari Spam Bersama reCAPTCHA. Seperti biasa, setelah sempatkan googling, akhirnya dapat solusi mudah untuk bisa “mengisolir” para bot komentar spam tersebut dengan menggunakan fasilitas Google reCAPTCHA.

Aman dari Spam Bersama reCAPTCHA
Gambar Halaman reCAPTCHA, Milik Google.

Untuk mendaftar dan mendapatkan kode, bisa langsung pada halaman resmi Google reCAPTCHA. Setelah selesai melakukan setting pada opsi yang disediakan, langsung saja terapkan di blog wordpress dengan bantuan plugin.

Banyak plugin tersedia pada halaman plugin wordpress resmi, namun yang saya gunakan saat ini adalah Google Captcha (reCAPTCHA), yang didevelop oleh BestWebSoft. Karena cara setting yang cukup sederhana, juga dapat berfungsi sebagai anti spam pada semua halaman blog, termasuk komentar (comment).

Fitur tersedia pada plugin Google Captcha (reCAPTCHA), meliputi:

  • Integrasi dengan Site Key, Secret Key Google reCAPTCHA mulai versi 2 hingga 3,
  • Dapat diaktifkan untuk: Halaman Login, Registrasi, Komentar dan Reset Password (editable),
  • Tampilan bisa disesuaikan (gelap/terang),
  • Ada menu Whitelist.

Untuk fasilitas premium (pro), plugin ini menyediakan fitur tambahan, antara lain adalah : integrasi dengan plugin lain (contact form, jetpack, mailchimp, woocommerce), dan sebagainya. Jika blog digunakan untuk keperluan produksi profit, mungkin upgrade ke versi pro akan dibutuhkan.

Informasi lengkap fitur premium, dapat diakses langsung pada halaman resmi plugin. Selamat mencoba.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *