6 Tanda Gejala Mengalami Penyakit pada Jantung

6 Tanda Gejala Mengalami Penyakit pada Jantung yang harus segera mendapatkan tindakan preventif saat anda mengetahuinya baik pada anak maupun orang dewasa. Terlambat sedikit saja ketika terdeteksi gejala mengalami penyakit pada jantung, bisa berakibat fatal bagi keselamatan jiwa siapapun, termasuk anda.

6 Tanda Gejala Mengalami Penyakit pada Jantung
Sayangi Jantung Anda | Gambar oleh: mohamed Hassan

6 Gejala Umum Mengalami Penyakit Jantung

Secara umum, hampir semua dengan gejala yang mirip, bahkan sama. Baik itu pada anak, dewasa, pria dan wanita. Berikut adalah 6 Tanda Gejala Penyakit Jantung Secara umum.

1. Tubuh Mudah Terasa Lelah

Anda perlu mewaspadai jika masih pada usia produktif, namun sangat mudah merasakan tubuh lelah. Padahal, anda tidak habis melakukan aktivitas berat seperti fitnes, joging, maupun kegiatan olahraga lainnya. Bahkan, jika mulai merasa berat saat menaiki tangga ke lantai dua rumah, anda perlu segera berkonsultasi pada dokter terdekat.

2. Jantung Sering Berdebar Lebih Kencang

Ini masih sering terhubung dengan tanda gejala nomor satu di atas. Karena secara normal, biasanya kita akan merasa detak jantung lebih kencang saat kondisi tertentu saja. Sedang gugup atau marah, misalnya. Atau ketika anda harus bekerja lembur ditambah mengkonsumsi kafein terlalu banyak. Jika di luar kondisi tersebut jantung anda berdetak sangat kencang, maka periksakanlah ke dokter terdekat, demi kesehatan anda.

3. Seringkali Merasa Tak Nyaman di Sekitar Dada

Gejala ini seringnya dianggap sepele oleh sebagian orang. Seperti misalnya nyeri pada bagian dada, sampai membuat nafas menjadi terasa sesak. Jika terjadi sesekali, bisa jadi bukan jantung penyebabnya. Namun, jika sering merasakan gejala ini secara berkelanjutan dengan waktu nyeri yang cukup lama, segeralah berkunjung ke dokter terdekat untuk konsultasi.

4. Kerap Mengalami Sleep Apnea

Sleep apnea, adalah gangguan serius saat anda tidur. Dapat berpotensi mengakibatkan sesak napas akut, bahkan menghentikan napas seketika jika terjadi berulang-ulang. Tanda secara umum, biasanya diawali dengan tidur mendengkur pada saat kondisi badan normal (tidak kelelahan). Jika ini mulai terjadi pada tidur anda, segera kunjungi dokter terdekat.

5. Sering Batuk serta Keringat Dingin

Jika anda punya alergi khusus, tentu akan sedikit mudah membedakan apa penyebab batuk anda selain kondisi tertentu yang menjadikan imun tubuh anda menurun. Namun jika tidak, dan anda mengalami batuk dengan waktu cukup lama, hingga sebulan misalnya. Anda perlu segera mengambil tindakan dengan berkonsultasi ke dokter.

Sama halnya ketika anda sering berkeringat dingin tanpa sebab yang jelas. Banyak orang mengalami keringat dingin bercucuran saat terlambat makan misalnya, atau sebab tertentu yang lain. Namun jika tanpa sebab, maka tak boleh anda anggap sepele, ya.

6. Mudah Pingsan

Beberapa pengalaman bahkan menceritakan sering tiba-tiba pingsan tanpa disebabkan oleh tanda tertentu, seperti pusing misalnya. Ini tentu sudah sangat ekstrim. Sudah saatnya anda sediakan waktu khusus untuk memeriksakan kesehatan jantung kepada dokter. Salah satu sebab utama tetiba pusing adalah karena tekanan darah menjadi turun secara drastis, sehingga jantung anda tak ada asupan darah cukup untuk dipompa seperti biasanya.

Bergerak Aktif serta Hidup Sehat Bersama Anlene
Bergerak Aktif serta Hidup Sehat Bersama Anlene

Gejala Penyakit Jantung Pada Anak

Secara umum, gejala mengalami penyakit pada jantung anak tak terlalu memilik banyak perbedaan dengan orang dewasa. Hanya saja, penyakit jantung pada anak lebih diakibatkan oleh sebab bawaan, seperti kelainan organ jantung anak mulai saat pada kandungan. Jadi, kualitas kehamilan saat ibu mengandung, perlu diperhatikan, termasuk beberapa hal penting seperti :

  • Pencegahan Infeksi Penyakit Berbahaya Seperti Rubella
  • Menjaga Kondisi Kandungan Agar Tetap Baik Pada Ibu Dengan Keluhan Penyakit Dalam Khusus, Seperti Diabetes.
  • Serta Faktor X (biasanya terkait riwayat penyakit keturunan)

Demikian informasi tentang 6 Tanda Gejala Mengalami Penyakit pada Jantung yang dapat disampaikan oleh Dirman Personal Blog. Semoga bisa menjadi sebuah manfaat. Jangan lupa tetap hidup teratur demi menjaga kesehatan jantung anda tercinta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.