Ngobrol BarengYuk.. diskusi, berbagi informasi seputar dunia blog.

6 Cara Sederhana Menghormati Orang Tua

6 Cara Sederhana Menghormati Orang Tua, bisa kita mulai menerapkannya pada lingkup keluarga sendiri, dengan demikian, mudah-mudahan akan menjadi terbiasa dalam lingkup luas, yakni dalam pergaulan bersama masyarakat. Sepintas, kita akan menganggap sesuatu yang sangat sederhana. Namun hormat kepada orang tua, terutama Ibu dan Ayah, bukan hal yang sepele, bahkan kadang terasa sulit jika tidak berusaha untuk membiasakannya.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (QS. Al Isra’/17: 23-24)

6 Cara Sederhana Menghormati Orang Tua

Dalam Islam, petunjuk menghormati kepada orang tua bukanlah suatu hal yang sepele, tidak berdasarkan cerita saja, bahkan hadist. Namun petunjuk langsung yang tercantum dalam Alquran, seperti kutipan ayat diatas.

Walaupun demikian, menghormati orang tua sebagaimana kita wajib menjalankannya, namun bukan berarti dapat menghilangkan rasa hormat kita kepada ALLAH SWT, sebagai satu-satunya pemilik keagungan yang tidak dapat tergantikan. Seperti contoh kasus “mencium serta membasuh telapak kaki Ibu”, dalam hal ini, kita wajib menguatkan niat kita bahwa melakukan hal tersebut hanyalah sebatas menghormati / sebagai bentuk kasih sayang, bukan berati memuja atau mengagungkan.

6 Cara Sederhana Menghormati Orang Tua

  1. Berkata Lembut saat berbicara,
    Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga perasaan dan hatinya agar tidak bersedih apalagi terluka.
  2. Menjaga Pandangan tetap lembut,
    Walaupun dalam keadaan kecewa, hendaknya kita tetap memberikan pandangan dengan mata yang sejuk ketika berhadapan dengan orang tua.
  3. Mintalah Izin untuk setiap urusan,
    Apapun itu, bepergian, dalam hal mengambil keputusan, ada baiknya kita menyempatkan untuk berdiskusi bersama orang tua untuk meminta ridha.
  4. Mewujudkan Keinginan,
    Tidak ada orang tua yang memberi saran atau menginginkan anaknya untuk menjadi tidak baik, maka selama keinginannya tidak bertentangan dengan ajaran Islam, maka lakukanlah.
  5. Mengutamakan Urusan,
    Sebagaimana Ibu pada saat mengandung, Ayah mencari nafkah, dahulu segala urusan pribadi mereka menjadi yang kedua, maka setelah mampu, kewajiban kita sebagai anak untuk membalas dengan mengutamakan kepentingan orang tua.
  6. Menjaga Nama Baik,
    Terkadang, poin terakhir ini yang cukup sulit, banyak yang tidak menyadari bahwa apa yang dilakukan justeru dapat mencoreng nama baik orang tua kita sendiri.

Setelah dapat membiasakan diri menghormati orang tua dalam lingkup keluarga, maka Insha Allah, kita dapat dengan mudah terbiasa menghormati orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.

“kami pernah bersama Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam di Jummar, kemudian Nabi bersabda: ‘Ada sebuah pohon yang ia merupakan permisalan seorang Muslim’. Ibnu Umar berkata: ‘sebetulnya aku ingin menjawab: pohon kurma. Namun karena ia yang paling muda di sini maka aku diam’.

Lalu Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pun memberi tahu jawabannya (kepada orang-orang): ‘ia adalah pohon kurma’” (HR. Al Bukhari 82, Muslim 2811). Ibnu Umar radhiallahu’anhuma melakukan demikian karena adanya para sahabat lain yang lebih tua usianya walau bukan orang tuanya.

Demikian sedikit berbagi cerita tentang bagaimana pentingnya menghormati orang tua, baik ayah dan ibu, keluarga lain yang lebih tua, maupun orang yang lebih tua dalam keseharian kita. Semoga dapat diambil manfaat.

6 Cara Sederhana Menghormati Orang Tua, berdasarkan sumber ide: Alquran, Surat Al Isra‘, Ayat 23-24.

Saran / Kritik / Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.