3 Jenis Makanan Antioksidan Penting Bagi Tubuh

3 Jenis Makanan Antioksidan Penting Bagi Tubuh Anda. Jenis makanan antioksidan ini juga mudah didapat untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Selain untuk asupan antioksidan bagi anak dan orang dewasa, beberapa jenis makanan ini juga mengandung antioksidan terbaik untuk balita. Apa saja? Silahkan simak uraian informasi selanjutnya, ya!.

Agar lebih mudah dipahami secara langsung, Dirman Personal Blog akan membahas makanan yang mengandung antioksidan ini berdasarkan jenisnya.

3 Jenis Makanan Antioksidan Penting Bagi Tubuh
Makanan Mengandung Antioksidan

1. Antioksidan Likopen

Antioksidan jenis ini baik untuk dewasa, anak hingga balita sekalipun. Selain dapat membantu mencegah kanker secara dini, likopen juga bisa melindungi kulit secara alamiah dari dalam tubuh. Bisa jadi, sebagian besar orang tua mulai membiasakan anak balitanya untuk diperkenalkan makan buah, mungkin salah satu alasannya adalah buah-buahan seperti pepaya, semangka, mengandung antioksidan jenis likopen.

Saat ini terdapat juga beberapa produk suplemen dengan kandungan antioksidan likopen. Tak jarang beberapa orang dewasa mengkonsumi suplemen likopen agar lebih praktis.

2. Antioksidan Flavonoid

Makanan yang mengandung Antioksidan jenis Flavonoid ini mungkin lebih tepat untuk dikonsumsi mulai dari anak usia belasan tahun hingga dewasa. Tak main-main lho, kandungan flavonoid ini dapat membantu tubuh kita terhindar dari beberapa penyakit mematikan, seperti : jantung, kanker, strok dan juga penyakit gula darah (diabetes).

Pada beberapa jenis buah, flavonid terkandung pada apel, jeruk, mangga, jambu dan sirsak. Jika anda menyukai sayuran, sering mengkonsumsi brokoli dan bayam, dapat membantu tubuh mendapat asupan antioksidan ini secara lebih baik. Suka minum teh saat pagi dan sore hari? Itu juga tidak sepele lho, teh dengan jenis tertentu juga mengandung antioksidan flavonid yang tinggi.

3. Antioksidan Beta Karoten

Nah.. antioksidan yang satu ini lebih memiliki manfaat besar terutama bagi wanita. Karena kemampuan tubuh dapat mengolah beta karoten ini menjadi vitamin A, maka antioksidan jenis ini dapat membantu kesehatan organ reproduksi.

Tak sulit mengenali makanan yang mengandung antioksidan beta karoten. Sebagian besar antioksidan beta karoten dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, jingga, atau kuning. Seperti misalnya: kacang jenis polong, labu, cabai paprika serta wortel. Anda bisa dengan mudah mencari makanan tersebut di pasar maupun di supermarket terdekat.

3 Jenis Makanan Antioksidan Penting Bagi Tubuh

Dari ketiga contoh jenis antioksidan di atas, mana yang sering anda konsumsi setiap hari? Mudah-mudahan ada, ya!. Karena makanan yang mengandung antioksidan di atas merupakan makanan umum yang kebanyakan orang suka. Bisa jadi, termasuk anda!.

Saya sendiri punya pengalaman menarik tentang minuman dengan kandungan antioksidan yang baik serta bermanfaat bagi sebagian besar kesehatan tubuh.

Beberapa waktu terakhir, kami cukup intens minum teh bunga telang. Awalnya kami juga tidak tahu, hanya sekedar mencoba. Bahkan kami pernah mencoba membuat sebuah hidangan kuliner nasi berwarna biru, dimana warna biru kami buat secara alami dari bunga telang.

Clitoria ternatea yang dikenal dengan nama bunga telang adalah tanaman yang banyak digunakan dalam bidang kesehatan seperti antidiabetes, antiinflamasi, antimikroba, antikanker, analgesik, antipiretik dan mengandung kandungan metabolit sekunder yang berperan aktif sebagai antioksidan.

— repository.ipb.ac.id

Cara mendapatkan bunga telang juga tidak sulit. Boleh percaya atau tidak, awalnya kami menemukan bunga telang justeru dari halaman rumah yang sudah tidak dihuni. Setelah tahu manfaatnya, barulah kami mulai menanam sendiri bunga telang ini di pekarangan.

Membuat pewarna alami untuk teh dan makanan dengan memanfaatkan bunga telang ini juga mudah dilakukan. Cukup dengan mengeringkan bunga telang selama beberapa hari, lalu menggunakannya sesuai untuk kebutuhan membuat teh atau menjadikannya sebagai pewarna alami makanan.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.