3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan

3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan, ini bisa diketahui secara umum dan mudah. Dalam istilah ilmu bidang kedokteran, sering dikenal dengan nama Faringitis, berasal dari kata faring, yakni bagian tenggorokan yang menghubungkan mulut dengan rongga hidung.

3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan
Kenali Gejala Radang Tenggorokan, serta Tips Mengatasinya.

Setelah Dirman Personal Blog mencoba bertanya pada beberapa teman yang kebetulan memiliki profesi sebagai dokter umum, sebenarnya radang pada tenggorokan ini dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Tak tergantung pada musim tertentu serta bisa dialami oleh anak maupun dewasa. Berikut adalah 3 gejala umum pertanda anda mengalami radang tenggorokan.

Pertanda Umum Gejala Radang Tenggorokan

1. Tenggorokan Terasa Kering

Gejala ini seringkali diikuti dengan suara parau hingga serak secara terus menerus. Padahal anda tak sedang memporsir suara seperti melakukan pidato, bernyanyi dan sejenisnya. Bahkan anda cukup rajin minum air putih seharian. Cuaca juga cukup bersahabat, tidak sedang dalam keadaan panas. Jika ini terjadi dalam beberapa hari, jangan tunggu lebih lama lagi, segera antisipasi, karena bukan tidak mungkin anda sedang mengalami radang tenggorokan.

2. Seperti Ada Yang Mengganjal Saat Menelan

Biasanya, ini adalah gejala lanjutan dari poin nomor satu di atas. Jika dibiarkan akan berimbas terasa nyeri atau bahkan sakit ketika anda menelan sesuatu yang biasanya mudah untuk anda telan. Ini tidak termasuk menelan kenyataan pahit, ya. 🙂

3. Badan Demam

Jika memungkinkan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter setelah anda mengalami gejala nomor satu dan dua di atas ya, karena jika sudah meningkat menjadi demam, maka akan lebih menyulitkan anda untuk melakukan antisipasi.

Pada fase gejala lanjutan ini, sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, bahkan akan mengalami pembesaran kelenjar getah bening di leher, amandel menjadi membesar, serta terlihat bercak kemerahan di langit-langit mulut. Kalau ini sudah terjadi pada anda, jangan tunggu lagi, deh. Cepat hubungi dokter pribadi atau yang terdekan dengan anda.

3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan : Cara Mengatasi

3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan
Gambar Bagan Faringitis (Google Image)

Sebagai saran terbaik dan profesional, jika anda mengalami gejala radang tenggorokan seperti disebut di atas, adalah dengan melakukan konsultasi atau berkunjung langsung ke dokter. Namun jika karena suatu hal anda belum sempat, berikut kami coba sampaikan 3 cara mengatasi saat anda mengalami radang tenggorokan, di rumah.

1. Perbanyak Istirahat Sehat

Apa maksudnya? Yang kami maksud dengan istirahat sehat di sini adalah berhenti sesaat dari aktivitas, seperti memperbanyak tidur, mengurangi berbicara dan menambah asupan minum air putih hangat. Boleh juga sambil diselingi nonton serial drama televisi favorit anda.

2. Berikan Tenggorokan Sesuatu Yang Menyehatkan

Ya, saat mengalami radang tenggorokan, sudah tentu bagian tubuh utama yang terserang adalah tenggorokan. Sembari mengurangi aktivitas tubuh dengan istirahat yang cukup, jangan lupa memberi asupan khusus untuk memperbaiki tenggorokan, seperti menghisap permen yang membuat area tenggorokan menjadi lebih dingin. Minum teh hangat bercampur madu atau lemon dan lain sebagainya.

3. Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah

Selain penyebab khusus yang diakibatkan oleh virus serta bakteri, sebab lain anda mengalami radang tenggorokan adalah kemungkinan terlalu sering mengirup asap rokok, udara yang tak sehat bercampur debu sehingga tenggorokan anda iritasi dan banyak sebab lainnya. Selama anda istirahat sehat di rumah, coba perbaiki kualitas udaranya, salah satunya dapat dilakukan dengan memasang alat humidifier.

Demikian informasi singkat yang dapat disampaikan oleh dirmanto.web.id tentang 3 Cara Deteksi Dini Gejala Radang Tenggorokan. Semoga menjadi manfaat bagi anda dan keluarga. Jangan lupa, minum air putih hangat setiap hari!.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.