Tentang Blog DIRMANTO.web.id
Alamat Blog diambil sesuai dengan nama asli saya, Dinar Dirmanto. Sedari awal, blog ini dibuat dengan tujuan belajar hingga kemudian apa yang saya dapat, bisa dibagikan kepada khalayak banyak yang terhubung dengan koneksi internet. Adapun variasi lain yang kemudian secara sengaja atau tidak sengaja dapat tampil pada blog pribadi ini, semata-mata merupakan rangkaian proses dari kegiatan yang populer dikenal dengan “NgeBLOG”.

Tentang Blog

Tidak ada yang terlalu istimewa selain hanya memanfaatkan ‘aset sejarah’ berupa nama domain dot web dot id, yang pada saat itu belum terlalu populer dan di daftarkan oleh kebanyakan blogger.

Semoga tetap dapat menjadi sarana manfaat dan kebaikan, jika ada hal-hal yang menganggu baik penglihatan maupun perasaan yang di akibatkan setelah mengunjungi blog ini, silahkan di sampaikan melalui halaman kontak yang tersedia.

Sebagai sarana tambahan, DIRMANTO dot web dot id dapat diakses dan dihubungi melalui beberapa akun media sosial. Walaupun tidak semua akun media sosial selalu aktif dan “up to date”, namun paling tidak dapat di jadikan sarana tambahan untuk dapat menghubungi blog DIRMANTO dot web dot id.

Tentang Blog – Akun Sosial Media DIRMANTO dot web dot id
Bagi yang ingin terhubung dengan sosial media, silahkan untuk dapat mengakses halaman sosial media DIRMANTO dot web dot id, yaitu: Facebook, Profile Twitter, Album Foto, Google Plus, Koleksi Video, Linkedin.

Lisensi, Affiliasi & Perlindungan DIRMANTO.web.id
Creative Commons LicenseDIRMANTO.web.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DMCA.com Protection Status This Certificate provides a statement of webpage content ownership. It also provides the website visitor with the status of the website owners content protection.

Agoda adalah perusahaan Internet yang menyediakan layanan reservasi properti hotel atau resor secara online yang difokuskan terutama untuk kawasan Asia Pasifik.
Kunjungi Agoda.

Tentang BLOG (versi wikipedia indonesia)
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat & disebut sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Tentang Blog. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Setara dengan semakin banyak pemilik blog, maka muncul beberapa komunitas blog. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari –para blogger– berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Saat ini, muncul istilah Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog).

Selain di Personal Blog ini, DIRMANTO dot web dot id juga memiliki blog ke #2 yang berisi terkait dengan kegiatan bersama rekan-rekan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia dan komunitas, Blog kedua tersebut sesuai dengan nama panggilan saya di organisasi (callsign), yakni JZ12JXD dot web dot id (dibaca: Juliet Zulu Dua Belas Je Ex De). Alamat blog dapat di kunjungi di http://jz12jxd.web.id.

Akhirnya, timbul pertanyaan yang pasti. “Bagaimana Cara Membuat / Memiliki Sebuah Blog?”.
Sebelum mencoba berbagi pengalaman untuk menjawab pertanyan tersebut diatas, mari kita bertanya terlebih dahulu kepada diri kita sendiri. Untuk apa kita ingin memiliki sebuah blog, apakah untuk kebutuhan profit atau hanya sekedar untuk kesenangan menulis.

Jawaban untuk pertanyaan diatas, sangatlah penting, karena akan berpengaruh kepada akan seperti apa blog anda secara keseluruhan. Walaupun tidak harus, namun persiapan atau pra build a blog, cukup penting supaya kita dapat lebih menghemat waktu, koneksi dan tentunya rupiah 🙂

Nah, jika sudah terpenuhi jawaban untuk pertanyaan tersebut, maka kita dapat memulai membuat sebuah blog dengan platform blogger yang dapat kita lihat melalui link https://dirmanto.web.id/membangun-website-pribadi-menggunakan-blogger/ atau menggunakan wordpress, yang informasi nya dapat diakses pada artikel https://dirmanto.web.id/membangun-website-pribadi-menggunakan-wordpress/.

Semoga bermanfaat baik bagi DIRMANTO.web.id, maupun bagi kita semua sebagai pembaca yang kebetulan saja mengakses halaman ini, baik sengaja maupun tidak disengaja, Terima Kasih 🙂

Tentang Blog,
DIRMANTO.web.id,
@2017.