Tentang Blog, profil dirmanto.web.id.
Cikal Bakal, pada tahun 1994, seorang Justin Hall, membuat halaman pribadi pertamanya. Tepat di bulan Januari menggunakan nama links dot net. Saat itu, Majalah The New York Times menyebutnya sebagai The Founding Father of Personal Blogger. Kemudian peristiwa ini, dianggap sebagai Cikal Bakal Lahirnya Blog.

Pada tahun 1997, sebuah situs online Robot Wisdom, istilah Weblog, pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger, editor pada situs tersebut. Menulis di web, kemudian familir dengan istilah “logging on the web”.

Sampai di tahun 1999, istilah weblog kemudian beralih nama sebutan menjadi Blog. Peter Merholz, seorang desainer Groupon, Open Table dan Jawbone. Memperkenalkan istilah Blog untuk kali pertama, yang merupakan kependekan dari Weblog. Seiring dengan itu, lahir beberapa platform blogging, diantaranya: Blogger, LiveJournal dan Xanga. Sehingga ngeblog, mendapat tempat khusus sebagai alat publikasinya.

Maka lahirlah WordPress, pada tahun 2003. Bersamaan dengan rilir pertamanya, pada masa itu juga Google mengakuisisi Blogger dari pembuat pertamanya, yakni Pyra Labs, lalu merubah nama platformnya menjadi Blogspot. Sejak saat itu, wordpress dan blogger/blogspot, merupakan dua platform besar dan banyak digunakan oleh para blogger.

Tentang Blog di Indonesia,
Adalah Enda Nasution, disebut-sebut sebagai Bapak Blog Indonesia, karena inisiatif serta kiprahnya pada saat itu didunia blogger, yang kemudian menghasilkan nama sebutan bagi para pelaku/pemilik blog di indonesia dengan istilah NARABLOG.

Hari Blogger di Indonesia sendiri, jatuh pada 27 Oktober, sesuai dengan yang diprakarsai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bapak Muhammad Nuh (Menkominfo 2007). Adanya hari blogger nasional ini dimaksudkan untuk dapat mendorong para blogger di Indonesia untuk dapat terus berkarya sesuai bidang serta keahliannya.

Tentang Blog
Gambar Cover Blog DIRMANTO.web.id

Tentang Blog DIRMANTO.web.id,
Adalah sebuah media berbagi, dapat disebut jurnal, weblog, blog, catatan online dengan isi konten utamanya tentang pengalaman, kuliner, kerajinan, teknologi, bisnis, usaha, wisata, review. Yang didalamnya juga mungkin terdapat konten lain sebagai tambahan, termasuk publikasi/affiliasi produk maupun jasa.

Walaupun saat ini bukan merupakan kegiatan utama, namun tetap tidak bisa meninggalkan. Hal tersebut karena manfaat yang telah dirasakan selama ini, antara lain :

  • Merangsang kebiasaan membaca,
  • Melatih kemampuan menulis,
  • Sebagai sarana personal branding,
  • Membangun Network (silaturahmi antar sesama narablog),
  • Serta banyak manfaat lain baik profit maupun non-profit.

Bagi anda, yang sudah maupun belum memiliki blog, dan tertarik untuk saling berbagi, berdiskusi seputar blog, mari bergabung bersama kami pada grup yang telah tersedia dibawah ini :

  1. Telegram Grup
  2. Facebook Grup
  3. Google Komunitas

Semoga bermanfaat.