Jasa Install Website Online Shop Pribadi
Blog SharingKamu punya Blog Pribadi? Berbagi bersama kami, dong.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik.
Di antara beberapa stasiun kereta api terpadat di Indonesia, Kroya adalah salah satu yang paling unik dan selalu ramai dengan lalu lalang kereta api dari berbagai jurusan di Pulau Jawa. Stasiun ini adalah persinggahan utama kereta yang menuju Bandung dan Jakarta, baik dari arah Yogyakarta maupun Surabaya.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik
sumber: Fjsentolopwikipedia

Paling Padat di Daop V
Stasiun Kroya dibangun pada 1884 dan mulai ramai sejak tahun 1929, tepatnya ketika kereta api Eendaagsche Express diluncurkan. Kereta ini melayani jurusan Jakarta – Surabaya dengan feeder yang didatangkan dari Bandung, dan bertemu tepat di Kroya.

Sejak saat itu, Stasiun Kroya tak pernah sepi. Dan kini, setiap harinya ada sekitar 50 perjalanan kereta api yang melewati stasiun ini dan membuat Kroya jadi salah satu yang terpadat di Daop V Purwokerto dengan kategori kelas besar tipe B.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik
sumber: tribratanews.jateng.polri.go.id

Stasiun Kroya dengan posisinya yang menjadi penghubung antar kota-kota besar. Untuk kamu yang melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya. Ketika kamu kehabisan tiket langsung, kereta lanjutan adalah solusi paling memungkinkan untuk tetap melakukan perjalanan dengan kereta api menuju kota tujuan.

Bila kamu membeli kereta lanjutan dengan perjalanan kereta pertama transit di stasiun Purwokerto, Kroya adalah stasiun berikutnya yang akan kamu lewati, salah satunya bisa ditempuh dengan kereta Gaya Baru Malam Selatan.

Cara Pembelian Tiket Kereta Lanjutan
Sama seperti pembelian tiket kereta api lewat Traveloka untuk jurusan lainnya, pembelian tiket kereta lanjutan pun sama mudahnya. Kamu bisa membelinya lewat website dengan menggunakan PC atau melalui aplikasi Traveloka di ponsel.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik
Pembelian Tiket Kereta Lanjutan

Langkah pertama adalah masuk ke menu tiket kereta api, kemudian pilih kota tujuan dan isi jumlah penumpang. Setelah itu pilih perjalanan dengan kereta lanjutan Gaya Baru Malam Selatan yang akan mengantarkanmu melewati Kroya menuju Surabaya.

Stasiun Yang Unik dan Nyaman
Stasiun Kroya punya keunikan yang tidak dimiliki oleh stasiun lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah emplasemen sepanjang 600 meter untuk menampung banyaknya kereta yang setiap hari singgah di stasiun ini.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik
sumber: panoramio.com

Kemudian suara musik keroncong yang mengalun ketika ada kereta yang tiba di stasiun menjadi keunikan tersendiri. Lagu yang dikumandangkan adalah Di Tepinya Sungai Serayu yang diputar dalam bentuk instrumental. Iringan musik ini menggantikan suara khas stasiun ketika ada kedatangan atau persilangan kereta api. Suara tembang Di Tepinya Sungai Serayu ini akan menjadi teman selama kereta singgah di stasiun Kroya.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik. Keunikan lain dari stasiun Kroya adalah adanya dipo lokomotif dan bengkel kereta api yang paling besar di Daop V Purwokerto. Ada banyak kereta yang diperbaiki di Dipo ini, dan juga menjadi tempat perawatan lokomotif yang singgah di Kroya.

Stasiun Kroya Salah Satu Yang Terpadat di Indonesia dan Unik. Bagaimana dengan kamu, pernah ingat melewati stasiun ini, atau mendengar tembang khasnya?

Saran / Kritik / Komentar