Jasa Install Website Online Shop Pribadi
Blog SharingKamu punya Blog Pribadi? Berbagi bersama kami, dong.

Souvenir Kerajinan Kampanye Pemilu 2019

Souvenir Kerajinan Kampanye Pemilu 2019. Pemilihan Umum Legislatif sudah semakin mendekat. Merupakan sebuah suasana demokrasi yang dialami Negara Kesatuan Republik Indonesia pada setiap tahunnya. Tulisan ini tidak akan membahas tentang bagaimana proses perjalanan pemilu dan segala aktivitas didalamnya, namun mencoba melihat dari sisi positif lain dengan adanya kegiatan pemilu ini.

Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 2019 (biasa disingkat Pemilu Legislatif 2019). Diselenggarakan pada 17 April 2019, untuk memilih 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 2019–2024. Pemilu Legislatif tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Pemilihan umum Presiden Republik Indonesia. (dari wikipedia indonesia).

Souvenir Kerajinan Kampanye Pemilu 2019
Sisi atau salah satu akibat positif yang dimaksud disini adalah bahwa perhelatan akbar pemilu yang terselenggara setiap setahun sekali ini membawa dampak positif bagi para pelaku produktif lokal, salah satunya adalah pengrajin. Sudah menjadi rahasia umum, mereka pastinya akan kebanjiran pesanan.

Dahulu, ketika informasi masih didapatkan secara konvensional, mungkin saja yang mendapat orderan souvenir untuk keperluan pemilu hanya itu-itu saja, atau sebatas mereka yang memiliki kenalan dengan tim sukses para calon legislatif. Namun sejak adanya koneksi internet, tentunya rejeki menjadi lebih merata, apalagi sudah banyak pelaku Bisnis Online yang memasarkan produk pengrajin melalui website maupun marketplace.

Beberapa produk souvenir kerajinan yang mungkin saja semakin populer, antara lain adalah: Kerajinan Kulit, Kerajinan Kayu, Kerajinan Daur Ulang, Kerajiinan Batik, Kerajinan Gerabah, bahkan termasuk juga Fashion serta Konveksi. Ini positif, bahkan akan sangat menguntungkan bagi masyarakat indonesia. Harapan kita, para tim yang tergabung bersama calon legislatif juga dapat memperhatikan dan mengangkat produk lokal untuk digunakan sebagai souvenir kampanyenya.

Souvenir Kerajinan Kampanye Pemilu 2019. Daerah populer yang biasanya menjadi sentra kerajinan meliputi: Yogyakarta, Bandung, Solo, Pekalongan, Sidoarjo, Jepara, Nusa Tenggara Barat, Papua serta masih banyak lagi daerah lain, karena sejatinya hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki produk kerajinan yang unik dan khas.

4 Jenis Kerajinan Populer di Indonesia (sumber: ilmuseni.com)

  1. Batik,
    Siapa yang tidak tahu batik, salah satu kerajinan tangan khas Indonesia ini sudah sangat terkenal bukan hanya di Indonesia namun dunia pun tahu batik. Bahkan sampai terkenalnya batik,UNESCO mengakui batik sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia.
  2. Wayang Golek Asal Sunda,
    Wayang Golek adalah Contoh Kerajinan Tangan yang berasal dari Sunda yang berupa boneka kayu. Wayang Golek sering digunakan sebagai pertunjukan untuk bercerita atau untuk berceramah seputar tentang daerah Sunda. Sunan Kudus memperkenalkan Wayang Golek pertama kali pada abad 17.
  3. Wayang Beber,
    Wayang Beber adalah kerajinan tangan berupa wayang yang terbuat dari kain sebagai media pertunjukannya. Wayang ini disebut Wayang beber karena pada pementasannya sang dalang harus membentangkan atau membeberkan kain untuk bisa memulai ceritanya. Sekarang ini, pertunjukan dan pembuatan kerajinan tangan Wayang Beber mulai menghilang. Wayang Beber dulunya mulai berkembang pada masa Kerajaan Majapahit dan masa pra Islam.
  4. Wayang Kulit Berasal Dari Jawa,
    Wayang Kulit adalah salah satu kerajinan tangan yang berasal dari Pulau Jawa. Wayang Kulit berasal dari kata Ma Hyang yang berarti menuju ke roh spiritual atau Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa orang mengartikan wayang sebagai bayangan karena mereka hanya bisa menonton pertunjukan wayang kulit dari balik kelir sehingga hanya bisa melihat banyangannya saja. Wayang Kulit diyakini sebagai cikal bakal wayang yang jenis lainnya yang berkembang hingga saat ini.

Souvenir Kerajinan Kampanye Pemilu 2019 — Pembaca tulisan ini memiliki kenalan calon legislatif, atau bahkan mungkin anda adalah salah satu dari tim sukses? Semoga informasi ini dapat menjadi acuan serta pertimbangan. Dengan harapan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan dampak positif secara bersamaan serta berkelanjutan. Semoga menjadi manfaat.

Saran / Kritik / Komentar