Pengaruh Baik Teknologi Terhadap Gaya Hidup Manusia secara umum. Apa manfaat yang sudah Anda rasakan akibat dari semakin pesatnya perkembangan teknologi ini ?

Pengaruh Baik Teknologi Terhadap Gaya Hidup
Halaman Artikel Gaya Hidup – Dirmanto.web.id

Dampak Teknologi Dalam Keseharian

Sudah menjadi sebuah kewajaran, awal perubahan memang tak selalu bisa diterima oleh semua orang secara langsung dalam waktu yang bersamaan. Butuh proses penyesuaian dengan kebiasaan sebelumnya, termasuk juga teknologi. Apalagi, beberapa orang ada yang tidak terlalu terpengaruh dengan perkembangan tersebut. Artinya, mau pakai teknologi ataupun tidak, gaya hidupnya tetap normal dan baik-baik saja. Tapi sebagai manusia produktif, seharusnya cepat atau lambat akan segera harus menyesuaikan.

Dampak Teknologi Pada Pendidikan

Ini termasuk contoh nyata yang paling sederhana. Hampir semua orang membutuhkan proses belajar dan mengajar. Informasi, tentu menjadi kebutuhan penting di dalamnya. Perlahan namun pasti, dunia pendidikan semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi, karena sangat menunjang dan memudahkan. Sekarang, semakin banyak pengajar yang sudah memanfaatkan e-learning (belajar online) untuk menyampaikan materi didiknya. Proses pendaftaran siswa baru, sudah menggunakan model register online, demikian pula dengan ujian online.

Bahkan, informasi terbaru yang Dirman Personal Blog dapatkan, saat ini Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang mengembangkan sebuah Portal Akun Pembelajaran, yang dapat diakses menggunakan tautan resminya di https://belajar.id.

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Dampak Teknologi Terhadap Gaya Hidup Keluarga

Para isteri dan Ibu rumah tangga semakin gemar memanfaatkan kemudahan perkembangan teknologi ini. Coba saja perhatikan, dari mulai menyiapkan resep masakan untuk makan malam nanti atau memesan hidangan cepat saji, sampai dengan membersihkan rumah serta memperbaiki ac yang sudah tidak dingin.

Hampir semua keperluan tersebut terlayani cukup dengan menekan beberapa tombol pada smartphone. Bahkan sering kali saat akan mengantarkan sekolah anak, berangkat berlibur, juga menggunakan layanan transportasi online. Ini terkondisi berkat pengaruh berkembangnya teknologi.

Belum lagi untuk kebutuhan lain yang bersifat primer. Seperti membeli pakaian, membuat rekening bank online untuk menerima transfer gaji, semua dimudahkan dengan hadirnya teknologi dan koneksi internet yang cepat.

Dampak Teknologi Pada Kegiatan Bisnis

Kalau ini sudah pasti terdampak baik. Hadirnya pola gaya hidup baru seperti beberapa contoh di atas, tentu akan menciptakan peluang bisnis baru, baik jasa maupun produk. Contoh sederhananya sudah banyak, misalkan anda memiliki usaha jualan makanan keliling kampung. Sekarang Anda hanya perlu menyiapkan pesanan di rumah dan memanfaatkan jasa antar online untuk mengirimkan kepada pelanggan.

Atau Anda memiliki keahlian khusus dalam memperbaiki segala jenis kendaraan, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan pelanggan melalui platform jasa online, yang saat ini sudah banyak tersedia. Seperti layanan Bengkel Online, misalnya. Semua peluang bisnis baru tersebut, tercipta juga karena adanya fasilitas teknologi yang mendukung.

Pengaruh Baik Teknologi Terhadap Gaya Hidup Manusia

Dari nilai 100 (seratus), misalnya. Bagian dari gaya hidup Anda mana yang saat ini tidak memanfaatkan kehadiran perkembangan kemajuan teknologi ?

Walaupun demikian, kita memang perlu tetap menerapkan filter sesuai kebutuhan serta kemampuan untuk dapat lebih nyaman dalam menggunakan teknologi terbaru. Jangan sampai justeru membuat hidup Anda menjadi lebih buruk nilainya. Jadi, manfaatkan teknologi secara bijak, ya.