Desain Web Agen Properti
Bagikan Blogmu!Kamu punya Blog? Kami ingin membacanya bersama-sama.

Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri

Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri. Sebuah paradigma yang perlu ditanamkan jika kita adalah seorang blogger. Faktanya, banyak kita jumpai seorang penulis blog yang kemudian mengalami “kesulitan” dengan topik informasi apa yang akan disampaikan pada blog pribadinya.

Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri
Menulis dimana saja, kapan saja.

Memang benar, dengan tujuan tertentu, memiliki blog perlu fokus kepada 1 (satu) atau 2 (dua) topik saja. Namun pendapat ini bukan merupakan final jika anda memang memiliki talenta menulis umum untuk semua topik.

Personal Blog, Indonesia.

Cara mengatasinya, biasanya dengan membuat beberapa blog sesuai topik yang akan disampaikan. Bagi yang memiliki rejeki lebih, setiap blog akan didaftarkan menggunakan domain berbayar, namun jika tidak, bisa menggunakan layanan blog gratis, seperti wordpress dan blogspot.

Memiliki banyak blog dengan masing-masing topik tertentu, biasanya dilakukan jika tujuan ngeblog nya adalah semi atau full profit. Artinya, blog tersebut tidak hanya merupakan hasil tulisan berupa opini, pengalaman pribadi saja, namun lebih disiapkan untuk keperluan profit konten dengan pemasangan iklan, review dan sejenisnya.

Kita kembali ke pembahasan “Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri“. Misalkan topik menulis yang dikuasasi adalah terkait materi bisnis, lalu kita membuat sebuah blog yang hanya memuat tulisan terkait bisnis online. Padahal, sesekali anda ingin menulis dengan topik desa wisata misalnya.

Nah, jika terkadang mengalami kondisi seperti diatas, maka menulis pada media lain merupakan jalan terabas yang mujarab. Daripada kita lalu tidak menulis, padahal tulisan yang akan disampaikan mungkin bisa menjadi sebuah manfaat bagi yang membacanya.

Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri

Lalu dimana? Berikut adalah beberapa opsi tempat menulis untuk menuangkan informasi apa saja :

Menulis pada Catatan Facebook

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak punya facebook? Jangankan anda, putera-puteri anda yang masih kecil bahkan belum lahir saja sudah memiliki akun facebook, benar ? Pada facebook, selain bisa untuk update status, juga tersedia fitur bermanfaat untuk membuat sebuah catatan berupa tulisan, bisa dilengkapi dengan gambar. Jika saat ini sedang online facebook, fitur catatan dapat diakses melalui halaman catatan facebook.

Menulis di Medium

Medium.com, merupakan sebuah platform media berbagi secara daring yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk menulis. Banyak blogger profesional menuangkan tulisannya disana. Coba saja langsung melihat contoh bagaimana tulisan anda tampil di Medium Blog.

Menulis di Quora Indonesia

Ini yang saat ini menjadi favorit saya, selain tersedia fasilitas blog gratis untuk menuangkan tulisan kita, juga ada fitur seperti survey, dimana kita bisa bertanya maupun menjawab pertanyaan kepada banyak orang sesuai kategori pilihan. Sebagai contoh, langsung saja lihat halaman Blog Quora Indonesia.

Jadi kesimpulannya, Menulis di blog tidak perlu terhalang gara-gara tidak sesuai dengan topik blog yang sudah kita miliki, kemudian tidak jadi menulis. Ide tidak selalu datang setiap saat, sampaikan sesuatu yang bermanfaat tanpa harus menunggu lama.

Menulis Tidak Harus di Blog Sendiri
Bagaimana Menurutmu ?

Setuju? Jika iya, beritahu kami anda sudah menulis dimana saja selain di blog milik sendiri?

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *