Ngobrol BarengYuk.. diskusi, berbagi informasi seputar dunia blog.

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW. Tulisan ini bukan merupakan tutorial bagaimana cara setting kustom domain pada blogger, melainkan sebuah pengalaman menarik, terutama bagi saya sendiri yang berhari-hari kebingungan kenapa salah satu domain custom blogger tidak dapat dibuka tanpa menggunakan www (baca: we we we). Begitulah manusia, kadang menganggap semua sudah dilakukan sesuai aturan yang berlaku, namun tetap saja ada yang luput.

Pengalaman ini saya dapat ketika membuat blog untuk keperluan menulis dan juga publikasi produk isteri saya. Karena ada domain yang “tidak terpakai”, walaupun nama domain dengan apa yang disampaikan (konten) didalamnya tidak terlalu “pas”, orang bilang tidak sama dengan topik/niche, namun tak apalah, sekedar ikhtiar dengan memanfaatkan apa yang saat ini sudah dimiliki.

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW. Begini pengalaman lengkapnya,
Jujur saja, karena saya sudah cukup lamaaaaaaa sekali tidak menggunakan blogger untuk ngeblog, maka untuk setting custom domain blogger, tutorial mudahnya saya dapatkan dari blog mas Tomi, yang dapat diakses pada alamat https://www.tomi.co.id/2018/03/cara-rubah-custom-domain-blogspot-menjadi-https.

Tahapan demi tahapan, sudah dilakukan dengan sempurna dan seksama 🙂 Alhasil, blog yang sebelumnya dengan subdomain blogger hariyantidian.blogspot.com, menjadi domain noni.web.id. Alhamdulillaah, walaupun DNS domain ditangani oleh pihak ketiga menggunakan cloudflare, namun selama ini tidak pernah ada masalah pada dns yang diarahkan, berikut adalah gambar setting dns cloudflare untuk custom domain blogger, bilamana dibutuhkan.

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW

Nah, kemudian masalah terjadi, setelah beberapa hari, dicoba mengakses langsung ke domain tanpa www yakni dengan mengetik noni.web.id maupun https://noni.web.id, blog tidak bisa terbuka dengan pesan error seperti pada gambar pertama pada tulisan ini. Awalnya, saya pikir belum sempurna resolving saja, karena toh, semua tahapan termasuk setting ssl pada blogger sudah dilakukan.

Namun menjadi agak sedikit aneh, setelah beberapa waktu (hitungan hari), kok masih tetap saja tidak bisa diakses tanpa www, padahal seingat saya (dulu), kustom domain blogger, dapat diakses, baik menggunakan www maupun dengan www (redirect mode). Googling sana-sini, membaca artikel terkait masih belum juga teratasi. Hingga pada hari ini, tidak sengaja melihat salah satu menu yang ternyata tidak, atau tepatnya luput saya centang, yakni pada bagian Pengalihan HTTPS, yang beberapa waktu yang lalu hanya dipilih opsi YES/YA, tanpa mencentang opsi redirecting/pengalihan. Berikut dibawah ini adalah gambar setting setelah terupdate.

Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW

Panduan lengkap pengaturan pengalihan https pada blogger kustom domain, silahkan mengakses halaman resmi milik google dengan alamat https://support.google.com/blogger/answer/6284029. Begitulah pengalaman bermanfaat ini saya dapatkan, semoga yang lain tidak mengalaminya, namun jika mengalami, mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi manfaat.

Terima kasih sudah sempat berkunjung dan membaca pengalaman Kustom Domain Blogger Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW.

Saran / Kritik / Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.