Blog Pribadi Dinar Dirmanto. Sepenggal kisah tentang manfaat yang sudah pernah dirasakan serta beberapa alasan mengapa masih tetap ngeblog hingga saat ini.

Blog Pribadi Dinar Dirmanto
Sepenggal Kisah Blog Pribadi Dinar Dirmanto

Pertama Kali Mengenal Internet

Saya pertama kali memiliki kesempatan baik untuk dapat mengenal sebuah kemajuan teknologi berupa koneksi internet sudah cukup lumayan lama. Kapan waktu persisnya saya lupa, namun yang jelas, sudah mulai berkenalan dengan dunia internet sebelum tahun 2006. Kebetulan saja, saat itu bekerja menjadi seorang operator WarNet (Warung Internet), di sebuah tempat di kota Solo.

Beberapa provider penyedia bandwidth internet sudah mulai populer pada saat itu. Salah satunya yang digunakan di warnet tempat saya bekerja adalah Bumi Internet Provider, saat itu lebih dikenal dengan sebutan BumiNET. Entahlah, provider tersebut saat ini masih beroperasi atau tidak, saya belum sempat mencari informasinya lebih lanjut. Jika masih ada, tentu luar biasa sekali dan seharusnya sudah memiliki layanan update sesuai perkembangan teknologi internet sekarang.

Gambar Suasana di Warung Internet
Gambar Suasana di Warnet & Game Online (Radar Bromo — Jawapos)

Lalu apakah Warnet masih ada hingga saat ini? Kalau saya perhatikan sih, masih ada. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan kota lainnya masih bisa saya temukan sebuah warung internet, walaupun memang sudah sangat jarang sekali.

Aktivitas Pertama Saat Kenal Internet

Jujur, sebenarnya ini tak terlalu baik untuk ditiru. Saya sendiri sedikit menyesal kenapa dulu lebih senang memanfaatkan internet hanya sekedar untuk kebutuhan hura-hura saja. Tapi sudahlah, namanya juga masa lalu. Jadi, kegiatan yang sering saya lakukan di depan komputer saat menjadi operator warnet adalah chating!. Aplikasi chat populer saat itu adalah Internet Relay Chat.

Lebih dikenal dengan istilah singkat : mIRC. Kemudian hadir aplikasi baru setelahnya yang juga cukup banyak digunakan, yakni Yahoo Messenger (baca: Ye-Em).

Ada sih manfaatnya, seperti kita bisa lebih banyak memiliki kenalan, menjadi sarana komunikasi antar sesama operator warnet dan lain sebagainya. Bahkan saat itu hadir beberapa komunitas yang kemudian sering mengadakan jumpa darat atau lebih dikenal sebagai gathering/outing, saat itu. Saya sendiri cukup lumayan sering mengikuti kopdar di komunitas tertentu, sesekali pernah juga menjadi panitia. Cukup menyenangkan, memang.

Blog Pribadi Dinar Dirmanto – Pertama

Tahun 2006 Mulai Membuat Blog

Sama seperti saat pertama kali mengenal internet, mulai ngeblog juga saya lupa kapan waktu tepatnya. Seingat saya pernah menggunakan beberapa layanan platform populer pada saat itu, seperti : geocities, angelfire, friendster, google site, lalu terakhir blogspot dan wordpress. Saya menganggap sebelum atau sesudah tahun 2006 mulai ngeblog, karena saya temukan alamat blog saat itu yang masih ada : dinar.wordpress.com. Di sana tertera waktu pertama posting pada tanggal 06 Juli 2006. Sayang, saya sudah lupa akun email mana yang saya gunakan untuk membuat akun blog tersebut.

Semenjak memiliki blog, saya sering meminta orang lain untuk mengakses. Kebanyakan mereka suka, bahkan ada dari beberapa kenalan yang kemudian meminta dibuatkan sebuah blog. Saya tidak meminta bayaran saat itu, itung-itung menambah pengalaman untuk lebih mengenal blog. Baru setelah mulai membuat blog menggunakan blogspot dan wordpress, saya mulai menawarkan harga sebagai jasa pembuatan website maupun blog.

Saya masih ingat, proyek besar pertama kali yang didapatkan adalah ketika mendapatkan job membuatkan website pribadi seorang Gubernur Sumatera Selatan, bapak Alex Noerdin. Waktu itu saya tidak sendiri, karena secara teknis saya masih belum ahli, maka saya mengajak teman-teman terdekat untuk saya ajak menjadi sebuah tim pembuat dan pengelola websitenya, waktu itu. Pengalaman yang sungguh luar biasa!.

Blog Pribadi Dinar Dirmanto – Manfaat

Manfaat Yang Saya Rasakan Saat Memiliki Sebuah Blog Pribadi

Sudah dapat ternilai apa manfaatnya pada sedikit pengalaman di atas. Yakni mendapat penghasilan tambahan dari jasa pembuatan blog. Itulah, mengapa di paragrap awal cerita saya sempat menyampaikan sedikit menyesal. Coba bayangkan kalau saya mulai belajar bahasa pemograman sejak saat awal mengenal internet, tentu skill yang akan didapat menjadi lebih banyak serta lebih bermanfaat.

Manfaat lain yang saya peroleh ketika memiliki sebuah personal blog adalah kesempatan mengetahui ilmu baru tentang penghasilan online. Sekitar awal tahun 2009, saya sudah mulai mendapat hasil yang lumayan dengan memasang iklan google pada beberapa blog yang saya kembangkan pada saat itu. Tak hanya online, saya juga pernah menjadi speaker pada beberapa acara mirip seminar yang membahas tentang manfaat teknologi digital, khususnya berupa blog, website dan sosial media.

Mengapa Masih Tetap Ngeblog Sampai Sekarang?

Mengapa tidak? Toh dengan menjadi seorang narablog, manfaat sosial seperti menambah kenalan teman, bersilaturahmi masih bisa didapatkan, salah satunya dengan blogwalking atau mengikuti komunitas blog yang saat ini banyak tersedia juga melalui grup sosial media seperti facebook dan telegram. Saya juga tidak melihat adanya batasan usia bagi seorang blogger untuk tetap produktif.

Manfaat lain? InsyaAllah, ngeblog akan selalu bermanfaat selama kita tetap mau membaca untuk mengasah diri dengan menambah ilmu pengetahuan yang relevan. Kita bisa membuka toko online untuk jualan, membuka jasa, menjadi penulis konten, bahkan memulai bisnis sebagai penyedia layanan hosting misalnya. Bergantung dari apa keahlian yang kita miliki sekarang.

Mungkin itu saja sepenggal kisah dirmanto.web.id sejak awal mulai mengenal internet sampai akhirnya memiliki sebuah halaman situs pribadi berupa blog. Semoga cerita singkat ini bisa memberikan inspirasi atau bahkan menggugah semangat narablog lain yang saat ini sedang “hiatus“, untuk kembali produktif. Semoga bermanfaat.

Blog Pribadi Dinar Dirmanto – Profil & Layanan

Untuk lebih mengenal Dirman Personal Blog berupa online resume termasuk jasa serta layanan apa saja yang mungkin sedang anda butuhkan, tersedia sebuah halaman yang dapat diakses pada Profil Online Dirmanto. Pada halaman tersebut, anda dapat melihat profil singkat Dirmanto.web.id termasuk kontak yang dapat dihubungi, pengalaman bekerja dunia Internet Teknologi serta kemampuan profesional lainnya.

Sebagai seorang narablog yang juga menekuni aset digital yang lain, dirman personal blog memiliki sebuah toko online yang dikelola secara mandiri. Tersedia produk maupun jasa pada situs jualan tersebut. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi alamat url jualan.dirmanto.web.id.

Baca Artikel Lain Tentang Blog