Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Snapwidget sebagai pengganti Instagram Plugin

Snapwidget sebagai pengganti Instagram Plugin pada blog yang menggunakan engine wordpress. Pengalaman ini saya dapatkan setelah mengalami error pada plugin instagram yang digunakan sebelumnya. Sebenarnya saya cukup nyaman dengan menggunakan plugin instagram sebelumnya karena mudah, responsive dan memiliki tampilan yang cukup menawan untuk dipasangkan baik pada widget sidebar, maupun pada halaman atau posting blog.

Snapwidget sebagai pengganti Instagram Plugin
Tampilan Menggunakan Snapwidget Pada Halaman Blog

Snapwidget sebagai pengganti Instagram Plugin ini memang baru beberapa saat saya coba. Sementara sebelumnya, untuk menampilkan feed gambar pada halaman Foto Blog, saya menggunakan Instagram Feed WD, yang tampilannya dapat dilihat melalui halaman https://wordpress.org/plugins/wd-instagram-feed/screenshots. Namun dalam beberapa waktu yang lalu kemudian error, yaitu gambar tidak mau tampil, hanya loading saja.

Sudah saya coba untuk re-connection dari akun instagram, bahkan sampai re-validasi untuk API dari instagram juga masih tetap dengan kendala yang sama, gambar tidak mau tampil. Akhirnya saya coba berkunjung ke forum plugin tersebut, dan mendapatkan “kisah” yang sama, walaupun di forum tersebut kemudian di bantu oleh staff plugin disana, tapi sepertinya diutamkan yang memiliki akses plugin versi premium 🙂

Karena saya sempatnya masih menggunakan Instagram Feed WD tersebut dengan versi gratis, maka saya urungkan untuk ikutan posting trouble shooting pada forum tersebut 🙂 Forum nya dapat diakses melalui https://wordpress.org/support/plugin/wd-instagram-feed.

Akhirnya, saya coba untuk melakukan pencarian melalui google tentang plugin lainnya, namun setelah dicoba install beberapa plugin juga tetap dengan masalah yang sama. Sehingga saya memutuskan untuk melakukan pencarian tools yang bersifat stand alone, tidak berupa plugin yang dapat di install langsung melalui wordpress.

Setelah beberapa saat melakukan pencarian, pada akhirnya menemukan SnapWidget, juga cukup mudah untuk kita pasangkan pada blog wordpress, cukup dengan melakukan registrasi pada website snapwidget, kemudian setelah memilih template dan fitur yang akan di “include” kan, kita akan diberikan script berupa iframe yang dapat dipasangkan pada halaman blog atau single post.

Contoh tampilan feed gambar instagram dengan menggunakan SNAPWIDGET, dapat diakses pada blog ini dengan halaman FOTO BLOG.

Silahkan dicoba jika pada blog milik teman-teman akan ditampilkan feed gambar dari akun instagram. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi manfaat.

Tinggalkan Kebaikan