Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Setting OpenVPN Pada Digital Ocean

Setting OpenVPN Pada Digital Ocean termasuk akan cukup mudah untuk di pahami bagi pemula seperti saya. Oleh karena itu, menggunakan layanan VPS dari Digital Ocean untuk kebutuhan memiliki VPN akan dapat menjadi salah-satu pilihan. Sebelum kita memulai Install dan Setting OpenVPN Menggunakan Digital Ocean, ada baiknya kita bahas dulu beberapa hal dibawah ini.

Apa itu OpenVPN
OpenVPN adalah software open source untuk Virtual Private Networking (VPN) yang cross platform, dimana aplikasi tersebut bekerja membuat koneksi point-to-point tunnel yang telah terenkripsi. Dalam arti yang lebih ringan, OpenVPN merupakan sarana konektifitas kita dalam menggunakan jalur internet dengan lebih privasi dan aman.

Apa itu VPS (Virtual Private Server)
VPS adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM adalah berupa “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. VPS terasa seperti sebuah Dedicated Server.

Apa itu Digital Ocean
Digital Ocean adalah salahsatu layanan Cloud Server yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan aktifitas digital. Untuk berlangganan jasa dari Digital Ocean, silahkan mengakses Halaman Ini.

Setting OpenVPN Pada Digital Ocean
Capture Web of Digital Ocean

Mengapa Memilih Digital Ocean
Ada beberapa faktor yang memudahkan kita dalam memilih layanan milik digital ocean, antara lain adalah :

  • Setting OpenVPN Pada Digital OceanHarga
    Digital Ocean memiliki layanan jasa dengan biaya bulanan sesuai kebutuhan (pay as you go), sehingga tidak ada quota atau bandwidth yang mubadzir untuk harga yang kita bayarkan.
  • Lokasi Server
    Digital Ocean memiliki lokasi server, salah satunya adalah di Singapura, sehingga dapat menguntungkan kita sebagai pengakses dari Indonesia dari sisi jangkauan konektivitas.
  • Sistem Deposit
    Dalam penyewaan virtual server, berlaku sistem deposit sehingga kita dapat berlangganan sesuai dengan kebutuhan.
  • Dukungan Support dan Bantuan
    Digital Ocean menyediakan bantuan support dan juga bantuan tutorial, sehingga kita tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan server yang kita sewa.

Setting OpenVPN Pada Digital Ocean
Setelah kita bahas beberapa hal pembuka diatas, mari kita mulai pada topik utama, yakni Install dan Setting OpenVPN Menggunakan Digital Ocean.

Kami menganggap, pembaca informasi telah memiliki aset, yakni: Akun Digital Ocean yang telah lengkap dengan Droplet VPS, Centos Versi 7. Dan berikut adalah tahapan instalasi openVPN :

  • Login pada VPS sebagai root
  • Periksa EPEL Repository dengan perintah : yum install epel-release
  • Install openVPN dengan perintah : yum install openvpn easy-rsa -y
  • Copy konfigurasi dengan perintah : cp /usr/share/doc/openvpn-*/sample/sample-config-files/server.conf /etc/openvpn
  • Edit konfigurasi dengan perintah : vi /etc/openvpn/server.conf
  • Aktifkan : dh dh2048.pem dengan menghilangkan tanda “ ; ”
  • Dan seterusnya…

Untuk lebih lengkap terkait cara terupdate install vpn menggunakan Digital Ocean, silahkan dapat langsung mengikuti panduan resmi Digital Ocean, dengan mengakses halaman : https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-setup-and-configure-an-openvpn-server-on-centos-7