Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Seni Wayang Tari Kisah Roro Jonggrang

Seni Wayang Tari Kisah Roro Jonggrang ini dikemas dengan konsep pertunjukan singkat dan simple, namun tetap dapat dimengerti alur ceritanya oleh para penonton yang menyaksikan. Kebetulan, DIRMANTO.web.id memiliki kesempatan untuk menonton pagelaran kisah cerita rakyat legenda indonesia ini pada acara Festival Kesenian Yogyakarta, di Plaza Pasar Ngasem, pada 11 Agustus 2017 yang lalu.

Seni Wayang Tari Kisah Roro Jonggrang
Para Pemain Seni Wayang Tari Cerita Roro Jonggrang, Berfoto Usai Pertunjukan.

Uniknya, pertunjukan kisah legenda Roro Jonggrang ini disajikan sederhana, dimana “para lelembut” pengikut Bandung Bondowoso, diperankan oleh anak-anak yang menjadikan nuansa tontonan menjadi lebih seru, lucu dan segar.Sementara pertempuran antara Prabu Baka dan Bandung Bondowoso pun dikemas secara simple, dengan tetap menyajikan inti dari kisah kekalahan Kerajaan Prambanan, pada saat itu.

Kisah Legenda Roro Jonggrang
Alkisah pada zaman dahulu kala, berdiri sebuah kerajaan yang sangat besar yang bernama Prambanan. Rakyat Prambanan sangat damai dan makmur di bawah kepemimpinan raja yang bernama Prabu Baka. Kerajaan-kerajaan kecil di wilayah sekitar Prambanan juga sangat tunduk dan menghormati kepemimpinan Prabu Baka.

Sementara itu di lain tempat, ada satu kerajaan yang tak kalah besarnya dengan kerajaan Prambanan, yakni kerajaan Pengging. Kerajaan tersebut terkenal sangat arogan dan ingin selalu memperluas wilayah kekuasaanya. Kerajaan Pengging mempunyai seorang ksatria sakti yang bernama Bondowoso. Dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung, sehingga Bondowoso terkenal dengan sebutan Bandung Bondowoso. Selain mempunyai senjata yang sakti, Bandung Bondowoso juga mempunyai bala tentara berupa Jin. Bala tentara tersebut yang digunakan Bandung Bondowoso untuk membantunya untuk menyerang kerajaan lain dan memenuhi segala keinginannya. Kisah lengkap, dapat dibaca melalui kisah-rakyatnusantara.blogspot.co.id.

Seni Wayang Tari Kisah Roro Jonggrang sendiri cukup sering dapat disaksikan pada pertunjukan-pertunjukan khususnya pada acara dengan tajuk kesenian dan budaya indonesia.

Video Pagelaran Seni Wayang Tari Kisah Roro Jonggrang di Plaza Pasar Ngasem

The Legend of Rara Jonggrang is a Javanese popular legend from Central Java telling the story of love and betrayal, the knight and the cursed princess. Wikipedia.

Tinggalkan Kebaikan